Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Munas “Wacana” Usai Digelar, Prof. Masjaya ; Terimakasih Kepada Forum Rembug Nasional

Foto Bersama Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si

Bolmong, detiKawanua.com Kurang lebih dihadiri 300 mahasiswa pascasarjana se-Indonesia, tepat Di Gedung Building II Aula M.Latif UNJ, kini pelaksanaan Forum Rembug Nasional (FRN) yang meliputi Seminar Nasional, Simposium Nasional, dan Musyawarah Nasional (MUNAS) Ke-VII Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) sekaligus dirangkaikan juga 52 Tahun Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) serta refleksi 2 Tahun Kepemimpinan  Jokowi-JK,  dengan tema : “Menata Indonesia dalam Perspektif Nawa Cita” usai diselenggara.

Diketahui, Selain beberapa jumlah kegiatan yang usai terlaksana, ternyata acara inti dalam kegiatan tersebut adalah MUNAS VII HMPI yang jatuh pada tanggal 28 Mei 2016 pekan kemarin. Sebab Musyawarah Nasional dilaksanakan, karena demisionernya Dr. Mustadin Tanggala, S.Psi., M.Psi berserta jajaran pengurus yang sebelumnya juga sebagai Ketua Umum HMPI.

Pada agenda MUNAS Ke-VII HMPI, tentunya banyak kritik sertah saran yang bersifat membangun. Kesemuanya itu, guna perbaikan kelembagaan secara menyeluruh. Selain forum bergema kritik serta saran dari berbagai peserta MUNAS, juga penting dipahami ternyata diselenggaranya MUNAS Ke-VII, nama organisasi sudah kembali kenama asal. yakni Forum Mahasiswa Pascasarjana (WACANA) Indonesia. Dimana sebelumnya, organisasi ini telah mengalami perubahan nama pada MUNAS Ke- VI yang digelar pada tanggal 29-31 Maret 2012 silam.

Dengan persaingan yang sangat ketat, usungan dua kandidat  yakni Andi Fajar Asti, M.Pd., dari perwakilan UNJ dan dr. Vina A. Dewi dari perwakilan UNLAM membuat pelaksanaan Pemilihan Ketua Umum Forum Wacana Indonesia berjalan alot. Meski begitu, Dengan pembacaan konsideran oleh presidium sidang terhadap suara yang unggul, maka Andi Fajar Asti, M.Pd., M.Sc dinyatakan terpilih sebagai Ketua Umum Forum Wacana Indonesia Periode 2016-2018.

Andi Fajar Asni mengatakan bahwa, dengan terpilihnya sebagi Ketua Umum, diucapkan terimakasih, dan ingin merangkul seluruh HMP Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dalam membuka ruang pemikiran dan pengakomodiran,” kata Andi usai terpilih.

Sementara, Mahasiswa Pascasarjana perwakilan Universitas Mulawarman (UNMUL) yakni Edwin Fadil Latif dan Eric Mangiri, Kamis, 02 Juni 2016 pekan ini, telah menghadap Bapak Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si (Rektor Universitas Mulawarman Red) dengan menyampaikan plakat Forum Rembug Nasional (FRN).

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengucapkan banyak terimakasih kepada Ketua Umum Demisioner beserta jajarannya, serta panitia pelaksana. Karena, dengan adanya kegiatan ini, UNMUL dapat berpartisipasi dengan masuknya dalam keanggotaan Forum Wacana Indonesia. Tidak terlepas dari pada itu ada tugas yang menanti bagi Mahasiswa Pascasarjana (Edwin Fadil Latif dan Eric Mangiri) yang telah mengikuti kegiatan MUNAS VII di UNJ, untuk secepatnya membentuk suatu lembaga Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Mulawarman, imbuhnya.

Selain itu, lanjut Prof, kedepan UNMUL sebagai tuan rumah pada MUNAS VIII Tahun 2018, sangat di apresiasi jika DPP Forum WACANA Indonesia ingin membawa ke Benua Etam Kalimantan Timur. oleh karena itu dilihat kedepannya saja. “yang utama terbentuk dulu kelembagaannya di UNMUL. Untuk berjalan kedepanya seperti apa, selebihnya pengurus yang nantinya terus berkoordinasi,” tambah Prof Masjaya.

Pada kesempatan yang sama, Edwin Fadil Latif, sapaan akrab Eifal mengatakan bahwa, dari rangkaian kegiatan yang telah dilalui pada FRN, hingga MUNAS VII tentunya banyak pengalaman serta persaudaraan yang diperoleh, yang terutama adalah kajian-kajian ilmiah dengan pembahasan metodologi secara tematik, isu kontemporer, menganalisis wacana,” terangnya.

Lanjut dikatakan Eifal, tentunya dengan Izin Bapak Rektor UNMUL, kami segera membentuk kelembagaan Mahasiswa Pascasarjana dalam naungan UNMUL. “ yang harapan kedepan, pada tahap awal adalah konsolidasi organisasi yang selanjutnya dapat lebih berkontribusi dalam setiap gerak, aktifitas pada ranah-ranah keilmuan dan ilmiah,” tambahnya Edwin.

Sedangkan menurut Eric Mangiri, dari Magister Ilmu Lingkungan UNMUL harapnya segera dibentuk. “dikarenakan hal tersebut,  selama ini peran mahasiswa pascasarjana UNMUL masih kurang dalam memberikan sumbangsih pemikiran terhadap kebijakan - kebijakan yang ditetapkan oleh Eksekutif maupun Legislatif. yang tentu saja, berdasarkan kajian akademis,” tutup Erik. (Tri Saleh)



Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 04 Juni 2016 , ,

0 komentar for "Munas “Wacana” Usai Digelar, Prof. Masjaya ; Terimakasih Kepada Forum Rembug Nasional"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional