Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Mitra Resmi Miliki TPA Termoderen di Sulut

Bupati James Sumendap (ketiga dari kiri) saat Berdialog dengan Petugas Sampah.

Mitra, detiKawanua.com - Tempat Pembuangan sampah milik Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang berlokasi di Kelurahan Wawali Pasan, kecamatan ratahan,  bisa dipergunakan, setelah diresmikan langsung oleh  Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Ronald Kandoli, Senin (06/06).

Bahkan menurut Sumendap kepada  wartawan, TPA kali ini merupakan TPA termoderen di propinsi Sulawesi Utara (Sulut), karena sudah memakai cara kerja yang termasuk mumpuni. "Ini baru ada di Mitra, sudah sistem moderen," ungkap Bupati.

Selain itu juga perhatian Bupati kepada para petugas kebersihan sangat tinggi, hal tersebut dibuktikan dengan dinaikkannya upah bagi petugas yang berhubungan langsung, seperti petugas pertamanan dan penyapu jalan naik 400.000 menjadi Rp. 2.200.000, sedangkan pengangkut naik jadi Rp.3.250.000 dari sebelumnya 3.000.000. 

"Selain menaikkan upah, keluarga dari para pekerja juga diperhatikan dengan mengikutkan seluruh petugas kebersihan beserta keluarga dengan diikutkan ke program BPJS yang nantinya pemkab biayai," ucap Sumendap.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Mitra, Robby Ngongolot mengatakan, selain sudah memiliki TPA di Mitra juga sudah ada beberapa Bank sampah yang akan menangani masalah sampah. "Di ibukota Mitra ada 4 bank sampah. Selain di masing-masing kelurahan, juga di lokasi TPA tersedia bank sampah yang akan memilah sampah," terang Ngongoloy.

Dirinya juga manambahkan sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan untuk mengelola bank sampah, meski masih ada beberpa tahapan dalam pemantapan TPA. "Ketersediaan bengkel dan perawatan kendaraan juga masih dipersiapkan, bahkan ada pihak ketiga yang menawarkan kerjasama untuk pengelolaan sampah," ujarnya.

Ngongoloy juga mengatakan untuk menunjang kebersihan di mitra selain menyediakan TPA, pihaknya juga menyediakan dua Tempat pembuangan sementara (TPS) untuk menghindari pembuangan sampah di tempat tak semestinya. "Dua TPS kami siapkan di desa kali dan tombatu,  ini juga agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di tempat umum seperti dijalan raya dan pekuburan umum," imbuhnya

Terkait sebagai TPA termoderen disulut, ngongoloy menjelaskan, TPA kali ini bukan hanya menjadi tempat pembuangan biasanya, namun setiap proses dipilah terlebih dahulu, dan setiap 60 sampai 90 cm untuk ketinggian sampah langsung ditimbun dengan tanah baru dilakukan pembuangan kembali. "Kami sudah menggunakan sistem sanitarilandfill untuk memproses sampah,bahkan terkait gas pembuangan juga disediakan bak yang mengatur rembesan untuk pernapasan sehingga menghindari kebocoran gas," jelasnya. (Indri)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 06 Juni 2016 , ,

0 komentar for "Mitra Resmi Miliki TPA Termoderen di Sulut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional