Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Menjelang Lebaran, Pasar Senggol Di Bolmong Resmi Dibuka

Pasar Senggol (Ist)

Bolmong,detiKawanua.com  Pasar senggol menjelang perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah di Bolmong dibuka, Kegiatan berjualan barang-barang keperluan hari raya ini sendiri, sebagaimana  tahun-tahun sebelumnya, dipusatkan di kompleks Pasar Lolak. Pasar musiman ini sendiri digagas Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Rakyat Cinta Tanah Lahir (Garputala) dengan menggaet pemuda di lima desa di Kecamatan Lolak.

Menurut Ketua Garputala, Adriadi Paputungan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya pemberdayaan pemuda di Kecamatan Lolak. "Dengan hadirnya pasar senggol tentu warga tidak lagi perlu repot-repot ke luar daerah untuk berbelanja pakaian dan kebutuhan keluarga untuk lebaran. Sebab, di dalam pasar senggol kualitas barangnya tidak kalah bagus dengan yang ada di toko-toko," katanya, kemarin.

Motivasi meyelenggarakan Pasar Senggol ini adalah untuk membantu mendekatkan fasilitas yang dapat memberi banyak pilihan bagi warga untuk mencukupi kebutuhan lebaran. "Saat ini, sudah ada sekitar 150 pedagang dari berbagai daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang telah menempati lapak-lapak yang telah disediakan,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran pasar senggol menambah kemeriahan Ramadan khususnya di seputar lokasi kegiatan. Sebab, selama satu tahun, pasar ini hanya hadir sekali saja. "Semakin banyak pedagang maka pembeli juga pasti akan lebih banyak dan warga tentu lebih memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhanya,” katanya,

Kegiatan ini mendapat dukungan Pemkab Bolmong dengan dikeluarkannya rekomendasi pelaksanaan kegiatan. “Dukungan mulai dari Pemkab melalui instansi terkait, Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Desa,” katanya.

Keberadaan Pasar Senggol ini sendiri mendapat tanggapan positif warga. “Adanya Pasar Senggol ini, kita tidak perlu lagi harus mengeluarkan biaya lebih untuk berbelanja kebutuhan lebaran di luar daerah. Dengan demikian kita bisa berhemat biaya transportasi yang bisa digunakan untuk mebeli kebutuhan lain,” ujar Jasiati Paputungan warga Desa Lolak.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bolmong, Djek Damopolii, mengatakan konsep kegiatan Pasar Senggol ini adalah terobosan yang luar biasa dari pemuda, sehingga pihaknyapun turut memberi support. “Dengan melibatkan sejumlah pemuda di beberapa desa, tentu kegiatan ini menganut konsep pemberdayaan, yang secara tidak langsung turut juga memberi lapangan pekerjaan bagi pemuda dan dapat menekan tidakan kriminal menjelang lebaran yang biasanya dilakukan oleh pemuda,” katanya.


Menurutnya, kegiatan yang sudah beberapa tahun terakhir ini digelar, memiliki dampak ekonominya sangat luas, baik untuk pedagang, konsumen, jasa transportasi maupun rumah makan di sekitar kegiatan berlangsung. "Tidak sedikit orang yang terbantu dengan adanya kegiatan ini," ujarnya. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 26 Juni 2016

0 komentar for "Menjelang Lebaran, Pasar Senggol Di Bolmong Resmi Dibuka"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional