Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kopi Robusta Khas Kotamobagu Ikut Festival Pasar Eropa

Nampak Pemilik Lahan Kopi Robusta di Desa Bilalang
Kotamobagu, detiKawanua.com - Potensi industri kopi Kota Kotamobagu sangat luar biasa. Bahkan sebagian produk kopi sudah merambah pasar luar negeri. Namun butuh beragam strategi untuk mempopulerkan kopi Robusta Kota Kotamobagu agar lebih membumi dan mendunia.
Mengembangkan potensi tersebut, kini Arie Faud asal Jakarta, eksportir khusus spesialis kopi dan juga salah satu Direktur utama pemilik CV Daya Asasta bersama Tim Kopi tingkat Nasional, berencana akan ikut festival kopi Indonesia di Belanda yang akan berlangsung 15 sampai 19 Juni tahun ini. dengan rencananya, mengikutsertakan kopi Robusta kotamobagu pada level Eropa.
Melalui berbagai strategi, sepak terjang produk lokal, konon katanya kopi Robusta asal kotamobagu ini, ternyata juga sebagai warisan peninggalan para petua terdahulu di Bumi Totabuan pada jaman colonial Belanda. Dengan begitu, produk khas milik kotamobagu tentunya harus dilestarikan sebaik-baiknya. Sebab, pasar eropa saat ini sangat melirik dan menyukai produk pertanian organic yang berada disetiap Negara tetangga bahkan merujuk sampai berbagai produk lokal yang berasal dari Provinsi, Kabupaten dan Kota.“Pasar Eropa sangat menyukai prodak pertanian organic,” terang Faud melalui BBM kepada kerabat dekatnya di kotamobagu.


Nampak Petani Kopi Robusta Khas Kotamobagu saat Beraktifitas
Selain tampil dimanca festival tingkat Eropa, keseriusan untuk membumikan produk lokal Kopi Robusta asli kotamobagu, terlihat Dirut CV Daya Asasta juga ingin membantu untuk mendesain roduk tersebut dengan merk Anoa. “ tentunya prosesnya full wast atau wash. Kalau sudah ada ijinya, nanti kita bantu redesain produk merk Anoa. Dan tentunya juga, untuk produk premium harus dari biji kopi terpilih dan rostingnya (sangrainya Red) rapi,” kata Arie.
Sementara, merespon produk lokal, ketua lembaga ilmu pengetahuan hukum dan ekonomi terapan mengatakan, “Dinas Pertanian harus jelih memanfaatkan peluang pasar untuk meningkatkan mutu produk kopi organic asal Desa Bilalang ke level premium. Contohnya lihat saja, eksportir luar saja tertarik memperkenalkan produk kopi lokal kita,” tutup Sofyanto.



Nampak Saat Menerima Sertifikat Inofice Organik  di Tahun 2015
Sebagaimana diketahui, kopi Robusta tersebut berasal dari Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kokotamobagu, sebelumnya sudah mendapatkan sertifikat Inofice organic dari kementerian pertanian republic Indonesia pada Bulan November 2015 lalu, dengan membawa merk dagang Anoa yang di terima langsung oleh Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perternakan (Dispertanak) Kotamobagu. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 14 Juni 2016 , , ,

0 komentar for "Kopi Robusta Khas Kotamobagu Ikut Festival Pasar Eropa "

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional