Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Jelang Lebaran, TPID Kota Manado Terus Tingkatkan Sinergi Pengendalian Harga

Ketua TPID Kota Manado, Ir Haefrey Sendoh MSi. /Ist

Manado, detiKawanua.com - Hasil High Level Meeting (HLM) TPID Kota Manado pada 15 Juni 2016 memberikan sinyalemen positif terhadap upaya pengendalian harga jelang hari raya Idul Fitri 1437 H.

Sampai dengan saat ini, beberapa harga komoditas strategis tercatat masih terkendali, bahkan mengalami penurunan. Komoditas rawan lonjakan seperti cabai rawit dan bawang merah tercatat masih stabil bahkan secara rata-rata memiliki harga yang lebih rendah dibanding bulan sebelumnya seiring cukup melimpahnya pasokan sebagaimana dikonfirmasi oleh para pedagang.

Sementara itu, komoditas tomat sayur yang sempat mengalami lonjakan harga diawal bulan tercatat berangsur mengalami penurunan harga. 

Terkait harga gula yang meningkat,  PT. PPI akan gencar melaksanakan operasi pasar dengan harga penjualan Rp.12.500 per kg dengan intensitas setiap hari langsung kepada konsumen.

Sementara, Pertamina senantiasa menjamin ketersediaan BBM dan LPG terlebih jelang hari raya. Atas pembahasan pada HLMTPID, optimisme terkendalinya harga jelang hari raya terus meningkat. Sinergi terus ditingkatkan antar instansi dalam rangka pengendalian harga khususnya pada pelaksanaan operasi pasar maupun pasar murah. Sedangkan Bank Indonesia (BI), Bulog, PPI, Pertamina dan beberapa instansi lainnya, akan terus meningkatkan sinergi agar pelaksanaan operasi pasar dan pasarmurah lebih memiliki dampak yang besar dalam pengendalian harga.

Di sisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado senantiasa mendukung dalam upaya pengendalian harga. Pada HLM-TPID, Wakil Walikota Manado telah memberikan arahan langsung agar PD Pasar memberikan ruang/tempat di pasar untuk pelaksanaan oprasi pasar. 

Hal ini disambut baik oleh seluruh peserta rapat karena dengan demikian pengendalian harga akan lebih terfokus dan memberi dampak positif pada perkembangan angka inflasi ke depan. "Dengan upaya pengendalian inflasi yang semakin meningkat serta ketersediaan stok yang memadai sebagaimana telah dipaparkan oleh Bulog, TPID Kota Manado optimis bahwa inflasi Juni akan terkendali dan lebih rendah dari rata-rata inflasi periode lebaran selama beberapa tahun terakhir," ujar Ketua TPID Kota Manado, Ir Haefrey Sendoh MSi. (Shy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 26 Juni 2016 , ,

0 komentar for "Jelang Lebaran, TPID Kota Manado Terus Tingkatkan Sinergi Pengendalian Harga"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional