Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Jaga Persatuan Dan Kesatuan, KNPI Sulut Gelar Dialog Kepemudaan Dan Buka Bersama

Dialog digelar KNPI Sulut.

Manado, detikawanua.com - Menjamurnya organisasi kepemudaan saat ini membuat KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Sulawesi Utara menuai pujian dari berbagai kalangan masyarakat khususnya Kota Manado dimana salah satu organisasi besar dibawah kepemimpinan Jackson A. W. Kumaat ini tetap membuktikan kinerjanya yang tidak memandang suku, agama maupun warna kulit dengan mengadakan kegiatan buka puasa bersama serta dialog kepemudaan yang diselenggarakan digedung Sekretariat KNPI Sulut Kecamatan Sario Manado. (25/6)

Melalui dialog yang bertema ”Peran Pemuda dalam Menangkal Bahaya Radikalisme Atas Nama Agama” ini, Alwan Rikun menghadirkan narasumber berkompeten yaitu , Ketua Gema MA Sulut , Zulham Hiola, SE,M.Si (Sekretaris Umum MA Sulut), Iswadi Amali, S.IP (Sekretaris DPD KNPI Sulut), dan Heard Runtuwene, S.Pi,M.Sc (Komisi Remaja Sinode GMIM dan MPO GAMKI Manado).

Dalam pemaparan materinya menurut Zulham radikalisme lahir karena adanya pemahaman sempit atas nilai-nilai yang diajarkan suatu agama.

"Penilaian saya, munculnya radikalisme agama karena individu atau kelompok tertentu yang bertindak radikal ini sempit memahami agama, terutama umat Islam. Padahal dalam ajaran agama Islam jelas mengajarkan tentang metode yang humanis tentang tata cara kita mengingatkan orang lain dengan damai dan santun, bukan brutal atau anarkis", ujarnya.



"Apalagi pemaknaan kata jihad, berjuang atas nama agama padahal untuk kepentingan tertentu, mari kita selektif memberikan bacaan pada anak didik, seperti para siswa di SD, SMP dan SMA jangan membiarkan mereka membaca referensi yang sekiranya menyesatkan”, tambah Zulham.


Sedangkan Heard dan Iswadi menjelaskan soal peran strategis pemuda Sulut yang harus bertindak sebagai agen perubahan sosial yang tidak melupakan misi untuk tetap menyampaikan pesan keamanan juga kedamaian bagi semua. Bagi Iswadi sendiri Radikalisme merupakan proyek politik yang akan muncul ketika dibutuhkan kelompok kepentingan tertentu. (*/Shy)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Senin, 27 Juni 2016

0 komentar for "Jaga Persatuan Dan Kesatuan, KNPI Sulut Gelar Dialog Kepemudaan Dan Buka Bersama"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional