Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Hari Narkotika, Sulut Rangking 5 Penyalahgunaan Narkotika

Wagub Sulut, Steven Kandouw saat Irup peringatan Hari Narkotika dan penyerahan penghargaan yang didampingi Kepala BNN Sulut, Sumirat Dwiyanto. (hms/ist).

Manado, detikawanua.com - Berdasarkan hasil survey dalam tindak penyalahgunaan narkotika di Indonesia menunjukan angka prevalensi yang cenderung naik dari tahun ke tahun.

"Hingga tahun 2015 terakhir, prevalensi penyalahgunaan narkotika sebesar 2,20% atau lebih dari 4 Juta orang terdiri dari penyalah guna pakai, teratur pakai hingga pecandu,"terang Wakil gubernur Sulut, Steven Kandouw saat membacakan sambutan tertulis dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol. Budi Waseso saat menjadi Irup Peringatan Hari Narkotika Tingkat Provinsi Sulut yang digerlar di lapangan Kantor Gubernur, Senin (27/06) pagi tadi.

Dikatakannya pula BNN dalam beberapa bulan terakhir ini telah berhasil mengungkap kasus 72 jaringan sindikat narkotika baik nasional maupun internasional.

"Terdiri jaringan sindikat Tiongkok, Malaysia, Afrika barat, Timur Tengah, Pakistan, China dan sindikat jaringan ganja Bang Pin alias Aripin yang semua barang bukti yang berhasil disita, terdiri narkotika diantaranya, jenis sabu sebesar 1,8 ton, ekstasi 707.864 butir, ganja 4,1 ton dan lahan ganja seluas 69 hektar,"ujar Wagub.

Sementara itu Kepala BNN Sulut, Kombes Pol, Sumirat Dwiyanto mengatakan untuk jumlah penyalahgunaan narkoba di Indonesia, untuk Provinsi Sulut sendiri berada pada peringkat lima.

"Itu se Indonesia, jumlah penyalahgunaan di Sulut sebanyak 42.876 orang dengan tingkat prevalensi sebesar 2,43%,"terang Sumirat.

Adapun upacara peringatan Hari Narkotika tersebut juga diikuti dengan pemberian pengharggaan kepada 10 stakeholders pendukung program dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), yakni kepada Pdt Hanny Pantouw (Yayasan Bunga Bakung), Suwarno Tuijo (Yayasan LKKNU), Pdt Jamilla Husein (Yayasan Jamilla Ministry), ABG Rattu (Forkan Sulut), dan sejumlah media cetak harian di Sulut serta minimarket Indomaret. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara, Kepala BNN Kota Tomohon, AKBP Nico Pangemanan. (hms/dkc).

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 27 Juni 2016 , , ,

0 komentar for "Hari Narkotika, Sulut Rangking 5 Penyalahgunaan Narkotika"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional