Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Harga Barito Melonjak Tinggi di Ibukota

Ilustrasi. /Ist

Talaud, detiKawanua.com - Di Bulan Ramadhan harga cabai merah,bawang merah, bawang putih  dan tomat ( Barito ) masih tinggi. hal ini disebabkan meningkatnya konsumsi atas kebutuhan dapur sedangkan pasokan yang masuk ke pasar tradisional kurang.

Berdasarkan pantauan awak media di pasar Melonguane, Selasa (14/06) lalu, harga pasaran cabai merah,bawang merah,bawang putih masih dipatok pada di kisaran Rp.60.000 - Rp.70.000/kg sedangkan tomat Rp.20.000 /kg.

Ketika ditemui di lapak jualannya Huglon salah satu pedagang mengatakan harga sebelumnya untuk ke tiga bahan dapur tersebut adalah Rp.25.000-30 /kg untuk cabai merah,bawang putih dan bawang merah Rp.30.000/kg dan tomat  Rp.10.000/kg. "Yang bekeng harga naik biasanya karena depe stok so terbatas sedangkan pasokan dari manado belum maso.apalagi kalo kapal nda maso karena kencang.selain itu kenaikan seperti ini so biasa terjadi kalo perayaan besar keagamaan seperti lebaran dan natal.kalo rica (cabai merah) di talaud ada mar sediki kong itu bawang nda ja tanam disini jadi cuma ja berharap kiriman dari Manado," ujar Huglon.

Ia menambahkan meskipun harga ke-3 bahan itu mahal tapi animo pembeli tetap tinggi. Sementara itu di tempat yang sama James Binei  salah seorang pembeli asal desa kiama barat mengungkapkan hal yang senada dimana kejadian seperti ini sudah biasa di kabupaten kepulauan talaud maupun wilayah lainnya. "Torang so ta biasa denga harga seperti ini.jadi biar mahal mau tidak mau harus beli.yang penting itu stok barito tetap ada.cuma kita baharap pemerintah dapa mengontrol kenaikan sepihak yang seperti ini," kata Lampah.

Sementara itu, saat dihubungi, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Talaud Jan L Unas menjelaskan yang menjadi tanggung jawab instansinya hanyalah Sembako sedangkan untuk pengendalian harga bawang, cabe dan tomat harus berkoordinasi dengan dinas pertanian. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 17 Juni 2016 , , ,

0 komentar for "Harga Barito Melonjak Tinggi di Ibukota"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional