Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dispertanak Gelar Sosialisasi Penerapan Gerakan Tanam Jajar Legowo

Bupati Boltim bersama Kepala Dispertanak Boltim saat memberikan bantuan alat pertanian untuk kelompok Tani.
Bupati Boltim bersama Kepala Dispertanak Boltim saat memberikan bantuan alat pertanian untuk kelompok Tani.

Boltim, detiKawanua.com -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) pada Senin (20/06) hari ini menggelar Sosialisasi penerapan gerakan tanam jajar legowo tingkat Kabupaten Tahun 2016.

Kegiatan tersebut, bertujuan mendukung visi dan misi pembangunan jangka menengah daerah Tahun 2016 - 2021 ini, dilaksanakan di Kantor Dispertanak Boltim, dimana diharapkan pencapaiannya nanti dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat petani dalam melakukan aktivitasnya. 

Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar dalam sambutannya memaparkan beberapa misi pembangunan yang hendak dicapai, salah satu diantaranya terkait dengan sektor pertanian yang tertuang dalam visi-misi yakni, memantapkan sektor pertanian dan perikanan yang unggul, mandiri, dan sejahtera.

"Pembangunan Lima Tahun kedepan, sektor pertanian dan perikanan merupakan sektor andalan di Kabupaten Boltim. ini dapat menopang pendapatan masyarakat dalam menunjang perekonomian di Daerah ini," papar Bupati Landjar.

Lanjutnya bahwa, salah satu program Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2014-2019 adalah mewujudkan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor - sektor strategis.

"Sebagaimana tertera dalam sembilan agenda prioritas pembangunan oleh Presiden RI dan wakil Presiden yakni, salah satunya meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar maka, penanggulangan kemiskinan pertanian dan regenerasi petani menjadi fokus utama pembangunan pertanian," jelas Eyang, sapaan akrab Bupati.

Sementara itu, kepala Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis menambahkan, bahwa kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan bagi para kelompok petani di Boltim "bantuannya yaitu, Combine Harvester sebanyak 10 Unit, Conseler 16 unit, Traktor 15 unit, dan Alat Panen sebanyak 10 unit. Bantuan ini diberikan untuk mendukung pencapaian sasaran produksi dan merupakan, salah-satu upaya pemecahan masalah dari aspek jumlah populasi tanam," terang Ramlah kepada awak media.

Adapun anggaran untuk pengadaan alat pertanian tersebut kata Dia, beesumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), "untuk besaran anggarannya tidak diketahui secara pasti sebab, kami hanya terima alat. anggaran itu dari Pusat," ujarnya.

Dirinya berharap, agar bantuan yang telah diberikan dapat memberi manfaat bagi pencapaian tingkat kesejahteraan masyarakat tani di Boltim.

Sempat hadir dalam pelaksanaan kegiatan yakni, Komandan Kodim 1303 Bolmong, para Kepala Dinas, Badan, Kantor, dan sejumlah Kepala Bagian di Lingkup Pemkab Boltim, Danramil dan Babinsa se kabupaten Boltim, Kapolsek Kotabunan, para kepala desa (Sangadi), penerima program kegiatan BUMdes, serta pengurus dan anggota kelompok tani penerima bantuan. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Senin, 20 Juni 2016

0 komentar for "Dispertanak Gelar Sosialisasi Penerapan Gerakan Tanam Jajar Legowo"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional