Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dicekoki Obat Bius, Puluhan Gadis SMP SMA Manado di Potret Bugil

Kepala BP3A Provinsi Sulut, Erny Tumundo.

Manado, detikawanua.com - Tanpa bisa dipungkiri lagi Provinsi Sulut pada sekarang ini tengah masuki zona darurat kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Tercatat dari data yang ada di Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Provinsi Sulut sejak awal tahun 2015 lalu hingga bulan Mei 2016 sedikitnya sudah ada 350 kasus yang terjadi pada perempuan dan 77 persennya merupakan korban kekerasan seksual. Dikatakan darurat karena tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun dari 268 kasus pemerkosaan yang ada, tercatat 207 korban masuk kategori anak-anak dan remaja dengan presentase usia rata-rata mulai dari 6 tahun hingga 18 tahun.

Kepala BP3A Provinsi Sulut, Erny Tumundo mengungkapkan seperti yang terjadi belum lama ini, terungkap puluhan remaja putri yang duduk dibangku sekolah tingkatan SMP hingga SMA di Kota Manado alami pelecehan seksual. Dimana, perbuatan itu dilakukan oknum fotografer dengan memberikan obat bius kepada para korban dan selanjutnya dipotret tanpa busana.

"Ternyata foto telanjang ini sudah dua tahun terakhir ini di Manado. Tapi, untuk penggunaan obat bius itu baru dua bulan ini. Adapun istilah para pegiat foto telanjang disebut foto untuk kalangan terbatas, dan tidak ada yang tahu, hanya orang-orang tertentu termasuk si gadis dan tukang foto,"ungkap Tumundo kepada wartawan, Jumat baru-baru ini.

Diterangkannya modus yang dijalankan para oknum fotografer lepas itu, bahwa para gadis belia itu pada saat sesi foto akan berlangsung, tiba-tiba disuguhkan minuman atau permen yang telah dicampur obat bius.

"Bisa dibayangkan, para korban itu kalau sudah kena obat bius, kemungkinan sudah ada kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi saat itu,"jelasnya.

Diceritakan Tumundo, dari informasi yang diterima beberapa waktu lalu, disalah satu perumahan elite diwilayah Manado, oleh petugas keamanan di perumahan itu mendapati seorang fotografer bersama seorang remaja yang saat itu dalam kondisi telanjang.

"Diperkirakan kejadian seperti itu dengan kasus yang sama mulai terbuka lebar. Para korban mulai mengaku dalam pemotretan diberikan obat bius,"katanya.

Oleh karena itu Pemprov Sulut melalui BP3A mengambil satu solusi agar aktivitas tersebut tidak semakin berkembang di Manado bahkan se Sulut, pihaknya (BP3A) secepatnya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut untuk membuat program Kelompok 'Peduli Sahabat' masuk ke sekolah-sekolah khususnya, SMA/SMK di Manado, Bitung, Tomohon dan Minahasa Utara.

"Harus secepatnya menghentikan modus dan kasus serupa yang dilakukan para oknum fotografer bejatd itu dengan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah,"tandas Tumundo. (vn/dkc).

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 19 Juni 2016 , ,

0 komentar for "Dicekoki Obat Bius, Puluhan Gadis SMP SMA Manado di Potret Bugil"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional