Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bupati Landjar Lakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Resmikan Balai Desa Jiko Belanga

Bupati Landjar saat menandatangani Prasasti peresmiaan Balai Desa Jiko Balanga.
Bupati Landjar saat menandatangani Prasasti peresmiaan Balai Desa Jiko Balanga.

Boltim, detiKawanua.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar, Kamis (02/6) meresmikan penggunaan Balai Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan ditandai dengan penandatangan prasasti serta dirangkai dengan penyerahan bantuan Solar Home System, Penerangan Jalan Umum, dan bibit jagung kepada kelompok masyarakat.

Peresmian dihadiri oleh sejumlah Pejabat Eselon II, Camat Nuangan, Kapolsek Nuangan AKP Stenly Rambing, Danramil Kotabunan Kapt. Inf Alfreth T, serta warga masyarakat Jiko Belanga.

Menurut Kaur Pembangunan Desa Jiko Belanga Wesman Kampong, Balai dengan ukuran 8x10 meter tersebut, dibangun dengan total anggaran Rp 106 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp 85 juta, dan swadaya masyarakat terutama dari kepala desa (Sangadi) Rp. 21 juta.

"Peletakan batu pertama bangunan ini sudah dilakukan sejak 6 Tahun lalu namun, baru bisa diselesaikan Tahun ini oleh Sangadi yang baru. Sebab, tidak diselesaikan oleh Sangadi sebelumnya sampai berakhir masa jabatan. Sangadi Manuho juga banyak memberi bantuan pribadi terutama untuk pemasangan lantai keramik," ujarnya.

Bupati dihadapan masyarakat pun memberi apresiasi kepada Sangadi Jiko Belanga yang dinilai berkinerja luar biasa. "Dia (Sangadi-red) banyak mengorbankan pikiran, waktu bahkan hartanya demi kepentingan umum. Saya sangat apresiasi pemimpin seperti beliau dan ini harus dicontoh oleh Sangadi lainnya jangan hanya mengutamakan kepentingan pribadi," ucap Bupati.

Bupati juga berterima kasih kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Jiko Belanga yg telah bahu membahu membangun Desa Jiko Belanga. lebih dari 31 tahun desa Jiko Belanga tidak ada akses jalan tapi dimasa kepemimpinannya, pemerintah langsung mengambil langkah cepat dengan menganggarkan lebih dari sekitar 30 miliar untuk pembangunan akses jalan.

"Tahun ini dianggarkan 9 miliar untuk peningkatan jalan dan jembatan ke Desa Jiko Belanga. itu dalam proses tender dan pada anggaran perubahan nanti akan, dialokasikan anggaran untuk peningkatan jalan didalam kampung," terang Landjar.

Selain itu, untuk jaringan telekomunikasi saat ini sementara diupayakan dengan pihak Telkomsel untuk pembangunan tower agar kedepan Jiko Belanga tidak kesulitan lagi dalam hal komunikasi seluler. Bupati juga menyentil soal penggunaan Dana Desa. Dirinya menekankan agar dana desa lebih banyak dialokasikan untuk pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat. jangan main-main dengan uang rakyat. karena saat ini saya sudah perintahkan 7 desa untuk diaudit penggunaan dana desanya.

"Ada 7 desa yang saya perintahkan untuk diaudit penggunaan dana desanya termasuk seluruh belanja aset karena bermasalah. 7 desa tersebut sudah diberhentikan Sangadinya. anggaran itu adalah hak rakyat. seharusnya, ditujukan untuk kepentingan rakyat. Saya tidak mau program saya terhenti oleh ulah oknum-oknum seperti itu," tegas Bupati.

Terkait bantuan yang diserahkan (lebih tepatnya penyerahan hak rakyat kata Bupati), Dirinya pun, berharap agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, "manfaatkan bibit jagung yang telah diserahkan, perhatikan penanamannya sesuai petunjuk penyuluh agar, mendapat hasil maksimal. sedangkan untuk solar cell Bupati mengatakan bantuan tersebut hanya sementara karena, saat ini sedang diupayakan agar Tahun 2017 nanti PLN sudah masuk ke Desa ini," tuturnya.

Lebih lanjut Bupati katakan, sedang mengupayakan agar bagaimana ruas jalan Nasional dipindahkan melintasi Desa Jiko Belanga "desa Jiko Belanga akan jadi lintasan trans sulawesi. balai jalan yg menangani hal tersebut merespon dengan baik dan mereka menilai layak karena, dari segi anggaran lebih kecil bila melalui Jiko Belanga.

"Boltim daerah yang sangat minim baik dari segi infrastruktur, pendidikan dan lain sebagainya. tapi, diawal kepemimpinannya, khusus infrastruktur dalam 5 Tahun saja 80 desa sudah bisa diakses. di Tahun ini pun, semua Desa akan ditingkatkan infrastrukturnya diantaranya, Desa Kokapoy untuk jalan dalam desa dialolasikan anggaran Rp 4 miliar, Jalan Buyat-Bukaka Rp 8 miliar, Jalan Bukaka-Kotabunan kurang lebih Rp 8 miliar," terangnya.

Disektor pendidikan untuk Tahun ini di Jiko Belanga akan dibangun taman baca, disektor kelautan akan diserahkan 3 mesin tempel untuk nelayan, serta pengadaan tanah untuk warga.

"Target saya Tiga Tahun kedepan semua warga sudah memiliki tanah. dari 514 Kabupaten/Kota hanya Boltim yang berani mengambil kebijakan seperti itu. Dihadapan pihak kementerian saya perjuangkan itu, dan mereka menyetujuinya sepanjang daerah memiliki kecukupan anggaran. namun, tentu saja itu untuk warga yang benar-benar membutuhkan," papar Landjar.

Diakhir sambutannya, Bupati menuturkan bahwa dengan diresmikannya Balai Desa diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Kamis, 02 Juni 2016 ,

0 komentar for "Bupati Landjar Lakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Resmikan Balai Desa Jiko Belanga"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional