Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Awal Ramadhan, Harga Cabe Dipasar Merangkak Naik


Barang dagangan di Pasar Kotabunan.

Boltim, detiKawanua.com - Diawal bulan suci ramadhan (puasa-red) bagi umat muslim, kebutuhan bahan pokok sehari-hari diantaranya bawang, rica, tomat, (barito) mulai mengalami lonjakan harga. seperti harga rica (cabe), dalam waktu Empat hari menjelang ramadhan harga cabe dipasar Kotabunan sudah mulai melonjak.

Pantauan media ini, sebelum masuk bulan ramadhan harga cabe rawit di pasar Kotabunan dinilai sudah mengalami kenaikan harga perkilonya.

"Sudah dua pekan ini, sebelum bulan puasa, harga penjualan rica sudah naik hingga Rp 65 ribu perkilo," ucap, sejumlah pedagang dipasar Kotabunan.

Menurut mereka, naiknya harga rica ini disebabkan stok atau persedian rica kurang. sementara kebutuhan konsumen (pembeli) sangat banyak sehingga, berpengaruh pada lonjakan harga naik.

"Rica yang kami jual ini hanya dari pedagang pengumpul atau tibo-tibo. dari petani langsung memang ada tapi, stoknya hanya sedikit. Makanya, ini yang menyebabkan rica dipasar Kotabunan naik hingga Rp 65 ribu. selain rica, harga bawang merah, tomat, gula pasir serta bahan pokok lainnya juga ikut merakngkak naik. Namun, kenaikan bahan pokok ini, tidak teralu berpengaruh bagi pembeli karena pembeliannya hanya se-minggu sekali," jelas pedagang.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Boltim, Ahmad Mulayadi mengatakan bahwa, kenaikan haga cabe memang sudah seperti itu karena, kondisi pasaran. Apalagi stok berkurang, maka tentu penjualan cabe atau rica dipedagang (pasar) akan naik.

"Hukum pasar memang sudah seperti itu, jika stok berkurang maka kenaikan harga atau barang akan terjadi. apalagi sudah bulan puasa, akan lebih banyak lagi yang membutuhkannya sehingga kenaikan harga terjadi," ungkap Mulyadi, kepada sejumlah awak media, Selasa (7/06) tadi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Selasa, 07 Juni 2016 ,

0 komentar for "Awal Ramadhan, Harga Cabe Dipasar Merangkak Naik"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional