Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wabup Boltim Hadiri IWWEF 2016 di Jakarta

Wakil Bupati  Bolaang Mongondow Timur, Rusdi Gumalangit. Ist

Boltim, detiKawanua.com - Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rusdi Gumalangit, hari ini Selasa (03/05), menghadiri Pameran dan Konferensi Air Minum dan Air Limbah Berskala Internasional atau Indonesia Water and Waste Expo and Forum (IWWEF), bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Acara yang dihadiri seluruh Kepala Daerah se-Indonesia ini, di buka secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Drs H.M Jusuf Kalla. 

Dalam sambutannya Wapres menyampaikan bahwa, air bersih adalah kebutuhan pokok dan mendasar bagi masyarakat. Oleh sebab itu, setiap Tahun pemerintah mengalokasikan dana triliunan rupiah untuk subsidi ketersediaan air bersih/air minum. Kalau subsidi BBM dan subsidi di bidang yang lain hanya dinikmati sebagian masyarakat. Namun, pada subsidi untuk penyediaan air bersih semua lapisan masyarakat yang akan menikmati. Oleh sebab itu, perlu dihilingkan ego sektoral menyangkut subsidi.

Menurutnya, apabila ketersediaan air bersih cukup, maka masyarakat akan terhindar dari penyakit diare dan lain-lain akibat mengkonsumsi air tidak layak.

"Apabila kesehatan masyarakat meningkat karena mengkonsumsi air bersih, maka subsidi dibidang kesehatan akan menurun," ujar Wapres.

Disisi lain, Wapres menekankan kepada seluruh PDAM/SPAM se Indonesia agar meningkatkan pemeliharaan segala fasilitas PDAM dan pelayanan kepada masyarakat. Tak lupa juga Wapres mengimbau, agar seluruh masyarakat hemat dalam pemakaian air bersih.

Sementara itu, kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Boltim, Drs. Hamdi Egam, mengatakan bahwa pelaksanaan IWWEF ini sudah yang keenam kalinya dan untuk pelaksanaan Tahun ini, akan digelar selama 3 hari hingga 5 Mei 2016. 

Forum air minum dan air limbah terbesar di tanah air ini akan mempertemukan para pengelolah air minum dan sanitasi, dunia usaha, profesional, akademi, masyarakat dan pemangku kepentingan di pemerintahan baik pusat mapun daerah. 

"IWWEF memiliki arti strategis dalam menuju capaian yang lebih baik disektor air minum dan air limbah terutama, dalam mengejar target RPJMN 2015 -2019 yakni 100% akses aman air minum, 0 persen pemukiman kumuh, dan 100% akses sanitasi layak yang harus dicapai hingga akhir 2019," ucap Hamdi kepada media siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 03 Mei 2016 ,

0 komentar for "Wabup Boltim Hadiri IWWEF 2016 di Jakarta"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional