Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Terkait Dandes Pemkab Tidak Diam, Sunge : Pihak Desa Harus Proaktif

Dana Desa (Ist)

Bolmong, detiKawanua.com Proses pencairan Dana Desa (Dandes) di tiap Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hampir sebagian masi kabur. Hal tersebut dikarenakan pihak Desa dan Kecamatan kurang proatif dalam mengerjakan sertah menyusun perlengkapan pemasukan berkas. namun begitu, Pemkab Bolmong tidak hanya diam. "Dandes itu tergantung pihak desa dan Kecamatan, untuk lebih proaktif dalam melengkapi berkas," ucap Kepala BPMD Bolmong, Sunge M Paputungan.

Dia menambahkan, melalui pihak Desa dan Kecamatan, selain mempercepat penyusunan dan memasukan kelengkapan berkas pada instansi terkait, bahwa proses pencairan Dana Desa juga perlu memperhatikan mekanisme dan peraturan. "Kalau berkas dari desa dan kecamatan cepat dilengkapi pasti dananya cepat dicair dan itu pasti," jelasnya.

Sementara, Kepala BPMD Sulut Muh Ruddy Mokoginta mengatakan, untuk proses pencairan Dandes, dirinya memastikan agar sebelum bulan puasa akan segera dicairkan. "Kami pasti usahakan untuk pencairan Dandes, sebelum bulan puasa pasti sudah cair," katanya.

Untuk mempercepat proses pengurusan Dandes, Rudi juga tidak luput menghimbau kepada para Sangadi (Kepala Desa.Red), agar selalu memperhatikan aturan penggunaan Dana Desa yang sudah berulang-ulang dijelaskan pada saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek). Jika Dandes tersebut disalahgunakan maka, itu suda kesalahan sendiri dan pasti wajib dipertanggung jawabkan kepada pihak yang berwajib. "Kami sudah menjelaskan secara berulang-ulang lewat Bimtek mengenai aturan penggunaan dana tersebut, bila disalahgunakan itu sudah kesalahan sendiri dan pasti akan berhubungan langsung dengan pihak berwajib, seperti kepolisian," tegasnya.

Disisi lain, terkait keluhan pendamping desa yang melakukan pengawalan kegiatan pembangunan dan mengguaan Dandes kemudian belum menerima gaji, dirinya menjelaskan, “mekanisme penerimaan gaji, harus itu harus memasukkan laporan. Pasti akan dibayar itu cuma persoalan teknis, karena gaji pendamping itu sudah ada," pungkasnya. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 20 Mei 2016

0 komentar for "Terkait Dandes Pemkab Tidak Diam, Sunge : Pihak Desa Harus Proaktif"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional