Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Tatong Bara Irup Peringatan HUT Kotamobagu ke-9

Walikota Tatong Bara Bertindak Sebagai Irup Peringatan HUT Kotamobagu ke-9 tahun 2016. /Ist

Kotamobagu, detiKawanua.com - Hari Ulang Tahun Kota Kotamobagu ke-9, yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2016, diperingati Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dan seluruh elemen warga masyarakat dengan melaksanakan upacara bendera di Lapangan Boki Hotinimbang.

Peringatan yang berlangsung pada Senin (23/05) ini, dihadiri oleh Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Walikota Drs Hi Djainudin Damopolii, Ketua DPRD Kotamobagu Hi Ahmad Sabir beserta seluruh anggota dewan, Kapolres Bolmong AKBP William Simanjuntak, Kejari Kotamobagu, Dandim 1303, para tamu undangan dari Pemerintah Provinsi Sulut, pejabat se-BMR, serta para pelaku usaha,Tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda, LSM dan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Upacara Hut Kotamobagu ke-9 dilanjutkan dengan sambutan Walikota Kotamobagu Hj Tatong Bara dihadapan seluruh para tamu dan undangan, dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemimpin-pemimpin terdahulu yang berhasil menghantarkan kotamobagu sebagai daerah otonom yang baru.

Dalam penyampaiannya, Walikota mengucapkan banyak terima kasih pula kepada segenap elemen warga masyarakat Kotamobagu, demikian pula kepada pemerintah Provinsi sulawesi Utara, dibawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandow.

“Memasuki usia 9 tahun, kota kotamobagu saat ini telah banyak mengalami kemajuan di berbagai bidang, dalam pembangunan. Namun demikian, belum semuanya bisa diwujudkan secara keseluruhan, masih banyak yang perlu dikoreksi,” ujar Walikota.

Lanjut Walikota menyampaikan, saat ini Pemkot Kotamobagu sedang dan akan terus melaksanakan pembangunan di segala bidang. “Tahun ini kita mencanangkan Pembangunan di Kotamobagu melalui peningkatan infrastruktur, baik di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan lainnya. Dan untuk bisa mewujudkan hal ini, maka diperlukan dukungan dari kita semua, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, dan seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Sementara, Ketua DPRD Kotamobagu Hi Ahmad Sabir diawal upacara, membacakan riwayat Kota Kotamobagu secara singkat. Dalam uraian sejarah singkat lahirnya Kota Kotamobagu, disebutkan bahwa berdasarkan surat keputusan Bupati Bolmong nomor 65 tahun 2004,  Drs Hi Jainuddin Damopolii ditunjuk sebagai ketua Panitia, yang kemudian disampaikan ke Provinsi hingga ke pusat dan kemudian disetujui serta disepakati, sehingga  Lahirlah undang undang no 4 tahun 2007 tentang pembentukan Kota Kotamobagu di Provinsi Sulut.

Lebih lanjut, Sabir membacakan, Kotamobagu sendiri memiliki luas wilayah  68.06 Kilometer persegi,  yang terdiri atas 4 kecamatan dan 33 desa/kelurahan.

Upacara Peringatan Hut Kotamobagu diakhiri pertunjukan dari berbagai perwakilan etnis yang ada dikotamobagu, baik warga  keturunan Tionghoa dengan menampilkan pertunjukan Barongsai, etnis Bali dengan tarian ciri khasnya, etnis Minahasa lewat Tarian Maengket, Dan Etnis Sangihe menampilkan Masamper, musik bambu dari etnis Bolmong dan tarian kebela serta Tuitan.

Dari pantauan awak media, Walikota Kotamobagu juga menyerahkan hadiah dan sejumlah uang kepada peserta berbagai lomba, yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana Hut Kotamobagu.

Dan yang menariknya lagi, Walikota dan Wakil Walikota serta seluruh tamu undangan dan warga masyarakat, menyaksikan atraksi dari Master Limbat menarik Mobil yang  bermuatan sekitar 20 orang. (**/dkc)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 24 Mei 2016

0 komentar for "Tatong Bara Irup Peringatan HUT Kotamobagu ke-9"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional