Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Tari Kabela Bolmong Awali Pembukaan LKK Nasional Kohati Manado

Pertunjukan Tari Kabela saat Pembukaan LKK Tingkat Nasional Kohati HMI Cabang Manado, Minggu (29/05) malam.

Manado, detiKawanua.com
- Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado resmi dibuka Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Evans Steven Liow, Minggu (29/05) sekitar pukul 21.50 WITA.

Pembukaan kegiatan Korps HMI-Wati (Kohati) yang diselenggarakan di Aula Kantor Walikota Manado ini, diawali dengan pertunjukkan Tari Kabela, tarian tradisional masyarakat 'Bolaang dan Mongondow' (salah satu etnis di Provinsi Sulawesi Utara, red).

Tiga penari wanita yang memakai pakaian daerah Bolmong tersebut, sekitar 7 menit mampu memukau undangan yang menghadiri Opening Ceremony kegiatan yang bertemakan "Peran Kohati dalam Mewujudkan Sitou Timou Tumou Tou" ini.

Menurut Ketua Umum Kohati HMI Manado, Tirta S Modeong, kegiatan yang akan berlangsung hingga 3 Juni 2016 ini, bertujuan menjadikan kader Kohati memiliki kesadaran intelektual yang kritis, dinamis, progresif, inovatif dalam memperjuangkan hak dan martabat perempuan.

"Serta terbinanya kader profesional dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas dengan penanaman nilai-nilai kearifan lokal, sesuai 'Sitou Timou Tumou Tou' yang digagas Sam Ratulangi," jelas Alumni IAIN Manado ini.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Pengurus Kohati PB HMI, Pengurus Forum Alumni HMI Wati (Forhati) Pusat dan Sulut, Pengurus Korps Alumni HMI (Kahmi) Sulut, Budayawan Reiner Emyot Ointoe, Pengurus HMI Cabang Manado, Pengurus Kohati HMI Manado, dan tamu undangan.

Untuk diketahui, pada zaman dahulu masyarakat Bolmong menggunakan Kabela sebagai wadah tempat sirih, pinang, tembakau dan kapur sirih untuk menjemput dan menyapa para tamu yang datang berkunjung ke rumah. Selain Kabela, tuan rumah juga menyiapkan Donduyan (tempat untuk meludah, red).

Wadah Kabela Kabela diletakkan pada telapak tangan atas sejajar dengan bahu kanan, sedangkan Donduyaan dipegang dengan tangan kiri di samping kiri bawah. Dengan adanya perkembangan tari pada umumnya, maka Donduyaan tidak lagi dipakai agar para penari dapat bebas bergerak. (vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 30 Mei 2016 , , , ,

0 komentar for "Tari Kabela Bolmong Awali Pembukaan LKK Nasional Kohati Manado"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional