Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Tahun Ini, Desa Transmigrasi Balukut Segera Dibangun

Kabid Transmigrasi, Disnakertrans Boltim, James Mongilong
Kabid Transmigrasi, Disnakertrans Boltim, James Mongilong.

Boltim, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Tahun ini, melakukan pembangunan Desa transmigrasi (Balukut) yang ada di desa Motongkad Kecamatan Nuangan melalui Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Boltim, akan segera di lanjutkan, yang sempat terhenti beberapa Tahun kemarin yakni, pada Tahun 2012 silam.

Dikatakan Kepala Disnakertrans Boltim, Muhammad Yahya melalui Kepala bidang (Kabid) Trransmigrasi James Mongilong bahwa, untuk pembangunan perkampungnan transmigrasi di desa Motongkad (Balukut) saat ini, tengah dalam proses untuk melanjutkan pembangunannya.

"Dananya dari Kementerian transmigrasi, sekitar Rp 4,8 miliar. Kita sudah diajukan ke Unit Pelayanan Pengadaan (ULP) Boltim untuk ditender. Kita targetkan Tahun ini sudah bisa ditempati," terang James, saat disambangi diruang kerjanya, Senin (16/05).

Katanya, dana tersebut guna untuk pembuatan atau pembangunan Rumah Tinggal dan Jamban Keluarga (RTJK) 55 unit rumah, pembangunan jalan penghubung, dan sekitar Enam kilometer (Km) yaitu jalan titik nol 3 Km dan jalan penghubung 3 Km. Sekaligus fasilitas umum seperti, balai desa, Pustu, Rumah ibadah dan perkantoran unit pemukiman, kantor dan rumah pemukiman.

"Pembangunannya bertahap, jalan mungkin baru sampai pada. pengerasan pasir batu. pengaspalan juga penambahan rumah nantinya di tahap berikut pada Tahun berikutnya. akan diusulkan di Tahun berikut," ucapnya.

Adapun warga transmigrasi tahap pertama pun sudah siap yakni, terdiri atas 35 Kepela Keluarga (KK) warga lokal dan 20 KK warga interlokal.

"Calon warga tersebut sudah sering kali kita diberikan arahan. ada 35 KK warga lokal dan 20 KK asal jawa yang nantinya, akan diberikan 280 rumah tapi secara bertahap. Areanya sesuai hasil perencanaan ditempati 280 KK. secepatnya, untuk pelaksanaan akhir bulan ini, yang paling utama, pembngunan ini sudah bisa jalan," jelas James, kepada awak media siang tadi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Senin, 16 Mei 2016 ,

0 komentar for "Tahun Ini, Desa Transmigrasi Balukut Segera Dibangun"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional