Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sekda Assagaf Imbau Pemdes Kooperatif Pemeriksaan BPK

Sekda Boltim, Ir Muhammad Assagaf.

Boltim, detiKawanua.com
- Tim audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai melakukan pemeriksaan sejumlah proyek secara fisik di lapangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assagaf mengatakan, BPK terus bekerja mengaudit laporan pengelolaan keuangan daerah 2015 silam. tak hanya dokumen, BPK juga memeriksa secara langsung pengelolaan di lapangan. ‘Pemeriksaan BPK akan berlangsung hingga 23 Mei. sekarang mereka sudah mulai melakukan pemeriksaan fisik di lapangan,” jelas Assagaf.

Pemeriksaan administrasi terhadap laporan keuangan sudah hampir rampung. BPK masih meminta sejumlah klarifikasi terhadap satuan kerja. “Masih ada tambah-tambahan, diminta klarfikasi seperti data persediaan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan sebagian tim sudah melakukan pemeriksaan fisik lanjutan,” terang Sekda kepada media.

Lanjut Sekda, BPK juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen Surat pertanggungjawaban (Spj) Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) 2015 lalu dengan memanggil puluhan Kepala desa (Sangad-red)i untuk dimintai klarifikasi termasuk, terkait penggunaan dana bagi hasil dari PBB. “Mereka sudah melakukan pemeriksaan aset termasuk kendaraan dinas, pengelolaan dana desa, dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum ada hasil (sementara-red), nanti mereka akan beritahu,” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan pada Pemerintah desa (Pemdes), karena BPK akan turun memeriksa kondisi fisik pengelolaan DD di lapangan. Dirinya merasa kecewa, sebab saat pemeriksaan inspektorat sejumlah desa dinilai tak serius terhadap penyusunan Spj. “Banyak desa yang ‘pandang enteng’ Spj tahap tiga bahkan, ada tahap dua dan bahkan tahap satu yang belum (saat itu-red). ini pemeriksaan rinci. Sepuluh hari terakhir mereka akan turun ke desa,” tegas. Assagaf.

Dia mengakui hasil pemeriksaan insperat beberapa waktu lalu terhadap pengelolaan dana BOS. ditemukan, pengelolaan dana BOS yang tak sesuai peruntukannya. “Hampir semua sekolah di Boltim dalam penggunaan dana BOS banyak terjadi penyimpangan. Makanya, BOS menjadi target BPK untuk diperiksa,” tutur Sekda.

Hingga saat ini pemeriksaan berjalan lancar, belum ada keluhan dari tim BPK terkait sikap tidak kooperatifnya satuan kerja. “Pemeriksaan makin ketat tapi, kita tetap optimis akan mendaparkan opini WTP ketiga kalinya,” tandasnya.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 10 Mei 2016

0 komentar for "Sekda Assagaf Imbau Pemdes Kooperatif Pemeriksaan BPK"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional