Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemkab Boltim Anggarkan Sekitar 40 Miliar Guna Pembangunan Fasilitas Air Bersih

Plt Kepala Dinas PU Boltim, Sjukri Tawil.
Plt Kepala Dinas PU Boltim, Sjukri Tawil.

Boltim, detiKawanua.com - Untuk kebutuhan setiap hari, fasilitas air bersih masih menjadi permintaan ditengah masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pasalnya, dalam pelaksanaan reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, beberapa waktu lalu, banyak masyarakat menyuarakan aspirasi untuk pembangunan fasilitas air bersih di tiap desa.

"Hampir semua aspirasi disampaikan terkait air bersih. masyarakat inginkan di desa ada sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," terang Ketua Komisi II DPRD Boltim Argo Sumaiku kepada sejumlah awak media belum lama ini.

Katanya, permintaan masyarakat dikarenakan ‎pengadaan fasilitas air bersih dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sejak 2011 silam dinilai tak maksimal. banyak masyarakat belum menikmati air bersih.

"Bahkan ada pipa air dibuat justru ditempati semut, akibat tidak ada air mengalir. ini bukti kurangnya pengawasan dalam tahap pembangunan fasilitas air bersih hingga penyelesaiannya, dinilai hanya menghamburkan uang daerah karena, tiap Tahun selalu dianggarkan," ucap Argo.

Terkait soal air bersih tersebut,Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim, Sjukri Tawil mengungkapkan,bahwa, pengadaan air bersih sudah menjadi target nasional hingga 2019. Pemerintaj kabupaten (Pemkab) Boltim, akan memaksimalkan untuk semua masyarakat Boltim sudah menikmati air bersih.

"Kedepan Pemkab berencana akan mengambil sumber mata air bersih dari Desa Kokapoy untuk disalurkan ke seluruh desa-desa di Boltim. anggarannya sekitar Rp 40 miliar sudah disiapkan, yang dialokasikan melalui APBD dan APBN," jelas Sjukri.

Dirinya juga menambahkan, Tahun ini Pemkab akan membangun sejumlah instalasi air bersih di desa Molobog senilai Rp 550 juta dan desa Atoga Rp 246 juta. termasuk membangun air bersih di desa Kokapoi dan Kokapoi timur Rp 1,2 miliar.

"Untuk desa Sumber Redjo senilai Rp 1,7 miliar, sedangkan di desa Buyat Rp 2 miliar lebih dan optimalisasi air bersih IKK Tutuyan Rp 200 juta serta, pembuatan tiga mata bor sumur di desa Dodap Rp 500 juta," ungkapnya, kepada awak media. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Senin, 09 Mei 2016

0 komentar for "Pemkab Boltim Anggarkan Sekitar 40 Miliar Guna Pembangunan Fasilitas Air Bersih"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional