Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemkab Boltim Anggarkan 200 Miliar Untuk Ibukota, Bupati : Harus Segera Dituntaskan 2017

Kepala Dinas PU Boltim
Kepala Dinas PU Boltim, Sjukri Tawil.

Boltim, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), di Tahun 2017 mendatang berencana melakukan pembangunan serta, penataan infrastruktur jalan lebih khusus untuk diwilayah Ibukota Kabupaten, di Tutuyan akan dituntaskan.

Sebagaiman dikatakan, oleh Bupati Boltim Sehan Salim Landjar bahwa, di Tahun 2017 kita fokuskan pembuatan penataan jalan ibukota yakni Tutuyan, Saya sudah perintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera membuat perencanaan, lengkapi semua dokumen-dokumen administrasinya termasuk Amdal, UKL, UPL sehingga 2017 saya akan menganggarkan minimal Rp 200 miliar untuk Ibukota.

"Jalannya harus dibuat Dua jalur dengan lebar 22 meter. 2017 mendatang, harus kita tuntaskan. tidak boleh setengah-setengah terutama Ibukota kabupaten. sebab, hingga sekarang masih sulit bedakan mana Ibukota dan mana bukan Ibukota. sebabnya, kita akan rubah wajah Ibukota menjadi benar-benar Ibukota dengan anggaran sekitar Rp 200 miliar. begitupun, jalan lingkar pantai Togid, Tutuyan, Tombolikat hingga Kotabunan kita akan buat guna menopang parawisata bahari di Boltim," ujar Bupati, saat menyampaikan sambutannya di grand final Uyo-Anu beberapa hari lalu.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan umum (PU) Boltim, Sjukri Tawil menjelaskan, untuk jalan ibukota dan perwajahannya itu, pihaknya sudah merencanakan pembangunannya disertai dengan estimasi anggaran.

"Jadi, apa yang disampaikan oleh Bupati terkait perwajahan Ibukota, saat ini perencanaanya tengah dalam proses. baik, administrasinya maupun soal anggaran," terang Sjukri, kepada awak media.

Hal tersebut, lanjut dia dituangkan dalam bentuk perencanaan, pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 sehingga memang sudah masuk dalam skala prioritas, "perencanaannya masuk RPJMD 2016-2021. Dan untuk penataan hingga infrastruktur jalan Ibukota masuk skala prioritas supaya Ibukota beda dengan desa yang nantinya dituntaskan 2017," ungkapnya.

Katanya, ada peningkatan mutu jalan seperti, median jalan, dan lampu jalan yang memakai tenaga surya "jalannya akan ditingkatkan dengan memakai median, hingga lampu penerang yang jaraknya per tiang 50 meter.

"Anggaran Tahun ini, khusus jalan senilai Rp 10 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 7,5 miliar dan Rp 2,5 miliar dari Dana Alokasi Umum untuk median jalan beserta lampu penerang. untuk jalan sambungan dua jalur masih sekitar 1,5 Kilometer (Km), lebarnya 22 Meter serta jalan masuk pantai Paret, jalan masuk Pantai Tombolikat akan dituntaskan. untuk akses jalan dibuka yakni, jalan pinggirin pantai desa Togid hingga ke pantai Paret sekitar 7 Km," terang dia.

Lanjutnya, terdapat 41 item pekerjaan yang sudah masuk di ULP Boltim, dari semua bidang dan siap dilelang dengan total Rp 98 miliar, "diantarannya, termasuk peningkatan irigasi ada 7. kalau jalan bervariatif yakni, ada peningkatan ada juga pembangunan serta, pengerasan. jembatan ada 2 dan air bersih ada 4. dari jumlah Rp 98 miliar tersebut, bidang Bina Marga ada sekitar Rp 65 miliar masuk ke 41 item dimaksud," papar Sjukri, saat disambangi diruang kerjanya Rabu (25/05) siang tadi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Kamis, 26 Mei 2016 ,

0 komentar for "Pemkab Boltim Anggarkan 200 Miliar Untuk Ibukota, Bupati : Harus Segera Dituntaskan 2017"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional