Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Lima Pokdakan Mitra Terima Bantuan KJA

KJA yang sudah terpasang di Danau Mongawo Kecamatan Pasan. /Ist

Mitra, detiKawanua.com - Perhatian Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra) di bawah pimpinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Ronald Kandoli dalam memajukan sektor perikanan dan meningkatkan ekonomi kemasyarakatan, terus ditingkatkan.

Hal ini terbukti dengan sejumlah kelompok pembudidayaan ikan (Pokdakan) yang ada di Mitra, menerima bantuan Keramba Jaring Apung (KJA) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, berkat lobi Pemkab Mitra melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Kepala DKP Mitra, Djoni Ronsul mengatakan, kali ini Mitra menjadi  satu dari dua kabupaten penerima bantuan KJA di Sulut, selain Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). "Bantuan oleh pihak kementrian ini diserahkan langsung oleh Ibu Menteri Susi Pudjiastuti beberapa minggu yang lalu dan sudah diterima oleh masing-masing kelompok," terangnya.

Ronsul juga mengatakan, kelima kelompok penerima bantuan KJA bahkan ada yang sudah memasang KJA tersebut, di masing-masing lokasi yang ditentukan. "Bantuan ini berupa barang bukannya uang, dan sesuai pengawasan dinas. Sudah ada 3 kelompok yang selesai memasang KJA di lokasi dan masih ada 2 yang akan dipasang oleh teknisi langsung dari Bandung," ungkap Ronsul.

Dirinya juga menjelaskan, pihaknya tetap akan mengawasi setiap kelompok penerima bantuan. Dan juga pihak kelompok diminta untuk menunjukan kemandirian, bukan hanya mengharapkan bantuan terus menerus. "Perkembangan kelompok akan dipantau terus, bahkan untuk biaya pakan dan benih, kelompok yang harus menyediakan. Ini juga untuk merangsang kelompok untuk berkreasi, bukannya berharap dari bantuan," jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, kelima kelompok penerima bantuan kali ini terdiri dari 3 kelompok pembudidaya ikan air tawar serta 2 kelompok pembudidaya kelatan. "Ini tentu akan merangsang kelompok untuk mencapai hasil produksi yang maksimal, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada," pungkas Ronsul. (Indri)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 27 Mei 2016 , ,

0 komentar for "Lima Pokdakan Mitra Terima Bantuan KJA"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional