Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Job Fair Sukses Digelar, Lulusan Sarjana Tidak Seimbang dengan Penerimaan Perusahaan

Kadisnakertrans Sulut Marsel Sendoh (tengah) saat memantau ribuan pelamar kerja di kegiatan Job Fair 2016.

Manado, detikawanua.com - Kegiatan pameran bursa kerja (Job Fair) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulut, yang berlangsung selama dua hari (Senin hingga Selasa) bisa  dikatakan berjalan sukses, dengan animo masyarakat yang tinggi untuk datang mendaftarkan diri. Dari data Disnakertrans, target penerimaan lowongan kerja atau dari 2.688 lowongan yang disediakan 48 perusahaan di Sulut hingga pukul 18.00 Wita tadi, hanya terpenuhi sekitar 2.012 pendaftar.

Di sisi lain, ada hal yang menjadi fenomena dari data pelamar yang terjaring Disnakertrans Sulut, dimana tingkat Sumberdaya Manusia (SDM) bagi pelamar kerja kategori berpendidikan ijazah Strata 1, Diploma 1,2,3 dan SMA/SMK cukup banyak, sehingga cukup memprihatinkan. Karena, jika diperkirakan angka kelulusan setiap tahunnya bagi seluruh perguruan tinggi/Universitas di Sulut yang bisa meluluskan para sarjana 4 hingga 5 kali maka, otomatis ada ribuan pelamar (Sarjana) yang akan tertampung dan untuk perusahaan yang membuka lowongan atau membutuhkan tenaga kerja dari lulusan sarjana hanya sedikit.

"Ini tidak kesimbangan antara kelulusan (output) dan perusahaan (income). Solusinya ada di 15 Kabupaten Kota, jika perusahaan-perusahaan yang ada daerah mereka itu rata-rata menerima hingga 500 lulusan, dikalikan dengan 15 Kabupaten Kota, bayangkan saja pasti akan tercover semua SDM di Sulut," terang Kepada Disnakertrans Marsel Sendoh, Selasa (10/05) kemarin.

Diharapkannya, bagi Kabupaten Kota seharusnya memberikan sumbangsi dengan kegiatan serupa (Job Fair, red) pula di daerah masing-masing.

"Bagi Disnakertrans Kabupaten Kota juga harusnya mengambil momen ini sebagai bentuk kinerja dari instansi tersebut agar putra putri daerah bisa diberdayakan," imbaunya.

Diketahui kegiatan Job Fair ini merupakan bagian program dari Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) bagi masyarakat Sulut, di antara program-program ODSK di bidang lain.

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 11 Mei 2016 ,

0 komentar for "Job Fair Sukses Digelar, Lulusan Sarjana Tidak Seimbang dengan Penerimaan Perusahaan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional