Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Insiden Pembakaran Atribut Partai PAN Berlanjut di Mapolres Bolmong

Nampak Sejumlah Pengurus PAN saat Melapor di Polres Bolaang Mongondow.

Bolmong, detiKawanua.com Insiden penghadangan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional dan pembakaran atribut partai, pada Selasa (17/05) pekan ini, masi berlanjut Kamis (19/05) soreh tadi, di hadapan aparat Kepolisian Resor Bolaang Mongondow (Polres Bolmong).

Pasalnya, aksi yang belum lama ini dilakukan para oknum yang mengaku-ngaku simpatisan dari Partai Amanat Nasional (PAN) serta sebagian pengurus PAN tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC,) sampai pengurus Ranting partai tersebut, di duga sebagian dari mereka juga terlibat melakukan aksi demonstrasi pembakaran atribut di depan rumah jabatan walikota kotamobagu.

Usutan kasus di Polresta Bolmong tersebut, diketahui, Partai Amanat Nasional melakukan tindakan tegas yang di laporkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)  PAN Sulut, Sehan Salim Lanjar SH, melalui Wakil Ketua Bidang Kaderisasi, Ch Begie Gobel, bersama Pengurus Cabang (PC) PAN Kota Kotamobagu.

“kami melaporkan hal ini ke aparat hukum berdasarkan rekaman foto dan video yang sudah dilampirkan di BAP,” kata Begie.

Sementara, selain masyarakat yang bergabung pada aksi pembakaran atribut, ketika disinggung, Begie sapaan akrabnya menjelaskan, sikap Partai Amanat Nasional atas dugaan keterlibatan sebagian pengurus partai PAN, jika kedapatan mencoreng atribut partai sendiri, selain akan diproses melalui mekanisme hukum, juga mendapatkan sangsi tegas secara internal partai.

“Secara hukum, sejauh ini kami akan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian. Namun, bagi oknum yang bukan pengurus partai jika terlibat pada pembakaran atribut tentunya kami akan memaafkan. Tapi jika pengurus partai terlibat langsung, ini sudah harga diri partai PAN. Tentunya tidak di maafkan. Selain akan di proses hokum pidana juga akan mendapatkan sangsi tegas dari internal partai,” terang Gobel.

Saat melapor, diinformasikan pada surat laporan kepolisian dan hasil BAP, untuk sementara, sudah tercantum satu pelaku dan  jika diproses pada tindakan pidana, akan mengenakan unsur dalam pasal 156, pasal 170,  pasal 493 dan pasal 160 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Sebab, keterlibatan pada aksi demonstrasi tersebut terdapat empat unsur, di antaranya dugaan sebab dari tokoh intelektual, dugaan sebab penghadangan kepada pejabat Negara, dugaan sebab provokator dan dugaan sebab pembakaran atribut partai. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 19 Mei 2016 , ,

0 komentar for "Insiden Pembakaran Atribut Partai PAN Berlanjut di Mapolres Bolmong"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional