Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Guna Penyediaan PJU dan SHS Pemda Boltim Anggarkan 454 Juta

Ilustrasi. /Ist

Boltim, detiKawanua.com
- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), menyediakan bantuan Solar Home Sistem (SHS) dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Dimana, SHS yang berfungsi untuk menerangi rumah dengan menggunakan tenaga matahari serta penerangan jalan, yang rencananya akan segera direalisasikan.

Hal itu, diungkapkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas ESDM Boltim, Sjahrudin Paputungan, bahwa untuk pembagian bantuan SHS tersebut masih akan difokuskan di desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan. Pasalnya, desa tersebut merupakan satu-satunya desa yang ada di Boltim yang belum memiliki koneksi aliran listrik. Sedangkan PJU, nantinya akan ditempatkan di sejumlah wilayah.

"SHS yang akan disediakan oleh pihak Pemerintah daerah (Pemda) melalui Dinas ESDM untuk dibantukan di desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan, sebanyak 24 unit. Dan untuk PJU berjumlah 9 unit yang masing-masing akan ditempatkan di desa Jiko Belanga sebanyak 7 lampu jalan dan 2 di area pariwisata danau Mooat. Dari total keseluruhan anggaran untuk kedua proram tersebut, senilai  Rp 454 juta," beber Sjahrudin kepada media.

Dirinya juga menjelaskan, kemungkinan besar proses realisasi pada bantuan serta pengadaan lampu jalan akan segera dilakukan. namun, semuanya tinggal menunggu penyelesaian dokumen lainnnya. "Pihak kami tinggal menunggu surat dari Kepala Desa (Sangadi-red) Jiko Belanga terkait data jumlah penduduk yang bakal menerima bantuan SHS. sedangkan untuk penerangan jalan saat ini dalam tahap penyelesaian. intinya, kami sudah siap merealisasikannya," tuturnya.

Selain itu, kata Dia, Pemerintah Provinsi juga telah memberikan bantuan SHS ke desa Jiko Belanga. Bantuan tersebut sedang dalam proses pembagian. "Sekitar 102 unit bantuan SHS dari Pemprov, sementara dibagikan. Namun, desa Jiko Belanga sebelumnya sudah menerima bantuan serupa dari pihak lainnya. Maka, banyaknya bantuan SHS yang difasilitasi oleh pihak ESDM disesuaikan dengan data kependudukan yang menjadi skala prioritas," terang Sjahrudin. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 03 Mei 2016

0 komentar for "Guna Penyediaan PJU dan SHS Pemda Boltim Anggarkan 454 Juta"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional