Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Enam Kabupaten di Sulut Bakal Ada Pengurangan PNS

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, melakukan croscek pelayanan publik di salah satu Puskesmas di Manado, belum lama ini.

Manado, detikawanua.com - Dalam melakukan rasionalisasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional, oleh Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi telah memberikan signal, khusus di Provinsi Sulut ada enam Kabupaten (tanpa menyebutkan nama Kabupaten mana, red) yang PNS-nya akan ketiban rasionalisasi tersebut.

"6 daerah itu yang belanja ASNnya rata-rata diatas 50 persen. Sedangkan sisanya masuk kategori selamat karena belanjanya dibawah 50 persen. Dimana, PNS beneran saja pasti dikurangi apalagi yang siluman," terang Menteri Yuddy, ketika berkunjung ke Kantor Gubernur Sulut, baru-baru ini.

Dikatakannya, secara serentak se-nasional akan dilakukan tahun 2017 mendatang, dimana untuk saat ini KemenPAN-RB sedang melakukan evaluasi dan audit kepegawaian secara nasional.

"Jadi sekiranya kalau sudah ada keputusan dari bapak Presiden baru akan dilaksanakan rasionalisasi 2017 sampai 2019," ungkapnya.

Dari data yang ada, Yuddy mengtakan idelanya pegawai pemerintah itu dalam simulasi KemenPAN-RB sekitar 3,5 juta orang, namun pada sekarang ini sudah mencapai 4,5 juta dan yang akan menghadaapi pensiun sekitar 520 ribu orang.

"Jadi sementara ini pemerintah masih melakukan perampungan dan akan diterapkan. Yang pasti pemerintah tidak memiliki anggaran yang berelebihan untuk terus menambah pegawainya dan anggaran belanja pegawai akan diturunkan," tutupnya.

Dikaetahui arti kata 'berlebihan' dikarenakan ditingkat nasional saja anggaran belanja hanya 33,8 persen dari APBN, sedangkan ditingkat daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota rata-rata telah diatas 61 persen.

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 16 Mei 2016 ,

0 komentar for "Enam Kabupaten di Sulut Bakal Ada Pengurangan PNS"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional