Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Di Kotamobagu, Pekan Depan Sisa Dandes 8 Desa Tahap Satu Akan Cair

Ilustrasi Dana Desa (Ist)

Kotamobagu, detiKawanua.com - Dari jumlah 12 Desa yang ada di kota kotamobagu, Belum lama ini terhitung sejak tahap satu proses pencairan Dana Desa (Dandes) di kotamobagu, sudah empat Desa yang  telah dicairkan Dandesnya. diantaranya, dari Desa Kopandakan Satu, Desa Moyag Induk, Desa Kobo Kecil dan Desa Sia. Desa yang belum, mulai pekan depan akan dicairkan.

Proses tersebut, seperti dijelaskan langsung oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan, dan Kelurarga Berencana (BPMD, PP dan KB) Kotamobagu, Hamdan Monigi mengatakan, untuk delapan desa lainnya akan diusahakan di cairkan dana desanya pada pekan depan.

"Pekan depan delapan desa Insyaallah sudah bisa cairkan dana desa tahap satu. Kemungkinan beberapa diantaranya akan segera mengurus pencairan akhir minggu ini," ujarnya.

Lanjut Hamdan delapan desa ini seharusnya sudah bisa menyusun berkas persyaratan pencairan dana desa seperti APBDes. "Apalagi untuk tahun ini sudah lima kali kita fasilitasi untuk penyusunan berkas. Ditambah lagi pada Selasa dan Rabu kita berikan pelatihan dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulut," ujar Hamdan.

Selama dua hari pelatihan dilaksanakan dengan pesertanya para perangkat desa. Inti daripada pelatihan yaitu bagaimana perangkat masing-masing desa bisa mengerti dan mampu membuat pelaporan mengenai keuangan desa.

"Iya dua hari dilakukan pelatihan pengelolaan keuangan desa, didalamnya ada penatausahaan keuangan dan pelaporan keuangan, seperti misalnya menyusun APBDes melalui simdadesa," ungkap Hamdan.

Hamdan menambahkan selain lima kali fasilitasi serta pelatihan dari BPKP, para perangkat desa juga dipersiapkan dengan pendampingan dari BPMD. "Satu minggu itu dua kali kita temani dalam hal penyusunan pelaporan keuangan desa," ujarnya. (*/Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 19 Mei 2016

0 komentar for "Di Kotamobagu, Pekan Depan Sisa Dandes 8 Desa Tahap Satu Akan Cair"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional