Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

'Anggota KPK' Tukang Pajak Pejabat Sulut Ini Ditangkap Manguni Polda

Tersangka Jhon (tengah kaus hitam tubuh pendek) didampingi tiga anggota tim Resmob Manguni Polda Sulut. (Ist)

Manado, detikawanua.com - Berawal dari laporan dan dikembangkan, oleh tim Resmob Manguni Polda Sulut akhirnya membuahkan hasil dengan menangkap warga kampung Sawar Kabupaten Sarmi Provinsi Papua bernama John alias JH (27), Sabtu (30/04) akibat ulahnya meminta uang kepada sejumlah pejabat Sulut yang dituding terlibat sejumlah kasus korupsi.

Dari rilis resmi tim Resmob Manguni Polda Sulut yang diterima detikawanua.com, Minggu (01/05) berdasarkan info yang diterima Bidang Propam Polda Sulut, Jhon dalam melancarkan aksinya itu diduga menggunakan modus sebagai Pamen Polri berpangkat Kompol, lulusan Akpol dan bertugas sebagai Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang kemudian melalui Kabid Propam, AKBP Eko meminta tim Resmob Manguni untuk selidik tersangka dan keberadaanya.

Selanjutnya, tim Manguni Charlie yang dipimpin AKP, Frely Sumampouw dan tim Propam Polda Sulut dibawah pimpinan, Kompol Edwin Humokor melakukan penelusuran dan akhirnya target ditangkap disalah satu kos-kosan diwilayah malalayang I Manado.

"Yang bersangkutan mengaku sebagai anggta LSM LAPRI yang ada hubungan dengan KPK. Akan tetapi kejanggalannya ketika ditanya apa kepanjangan LAPRI dia tidak tahu sehingga menjadi indikasi kuat kalau yang bersangkutan adalah anggota KPK & Pamen Polri gadungan," ungkap sumber tim Resmob Manguni Polda Sulut.

Dalam pameriksaannya juga, penyidik Polda Sulut menjelaskan, Jhon sudah bebrapa kali menghubungi orang-orang yang diduga ada kaitan dgn kasus korupsi dan minta uang diwilayah Ambon, Manado dan beberapa tempat lainnya.

"Rencananya juga dia akan minta uang ke beberapa pejabat di Kabupaaten Minahasa Utara (Minut) tapi tidak kesampaian karena sudah ditangkap Polisi," jelas sumber.

Saat ini tersangka telah ditangani penyidik Ditreskrimum Polda Sulut untuk diproses hukum demi mengungkap apakah Jhon bekerja perorangan atau secara sindikat. Adapun sejumlah barang bukti seperti, dokumen model KPK tentang kasus terkait Pulau Bangka, salinan putusan PTUN terkait kasus Pulau Bangka, uang Rp2 juta yang diduga hasil penipuan, dan 1 buah laptop. (trm-PS/dkc)
 
Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 01 Mei 2016

0 komentar for "'Anggota KPK' Tukang Pajak Pejabat Sulut Ini Ditangkap Manguni Polda"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional