Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wagub: Kepala Dearah Harus Miliki Political Will

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw (Ist)

Manado, detikawanua.com - Menseriusi pengembangan disektor pertanian di seluruh Kabupaten Kota di Sulut sehingga para petani akan lebih bergairah dalam tekun dalam profesi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, maka harus mengantongi politic will.

"Selama ini selain sektor pertanian, di kelautan dan kehutanan juga termarginalkan dalam hal penganggaran. Kedepan idola penganggaran yang selama ini ada di infrastruktur ke PU-an, akan dipangkas guna menunjang sektor-sektor tersebut," ungkap Wakil Hubernur Sulut, Steven Kandouw.

Adapun dukungan infrastruktur seperti jalan provinsi, menurutnya sudah mencapai 90 persen. Dimana jalan-jalan Kabupaten Kota.

"Untuk tahun depan kami akan memangkas sekitar Rp200 miliar dari anggaran PU untuk di plot pada peningkatan sektor, pertanian, kelauatan perikanan dan kehutanan tadi. Penuntasan kemiskinan paling efektiv melalui pengembangan sektor pertanian diwilayah pedesaan," terang mantan Ketua Deprov Sulut itu, sembari menambahkan, masyarakat di pedesaan masih memiliki potensi untuk mengolah lahan pertanian dan perkebunan.

Melalui Kepala Sekretariat Bakorlu Sulut, Jeffry Senduk mengatakan untuk meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinergitas antar instansi pertanian, perikanan dan kehutanan serta SKPD terkait agar terpadunya pelaksanaan program kegiatan, sekaligus mendiskusikan rencana pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan tingkat Provinsi, Bapelu/kelembagaan yang membidangi penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan dan balai pengkajian tehgnologi pertanian (BPTP).

"Provinsi dalam rangka mendukung percepatan pencapaian sasaran produksi dan produktivitas Tujuh komoditi prioritas padi, jagung, kedelai, tebu, aneka cabe, bawang merah san saging sapi," terang Senduk.

Diketahui jumlah penyuluh di Sulut dari semua sub sektor adalah 1081 orang, ASN 862 dan non ASN 219.Jumlah tersebut, dibagi wilayah kerja di 1779 desa dan membina 8794 koptan, 1274 kelompok nelayan dan 146 kelopok rani hutan. Dengan jumlah gapoktan 856 unit.

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 12 April 2016

0 komentar for "Wagub: Kepala Dearah Harus Miliki Political Will"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional