Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wagub : Bupati/Walikota Hentikan Suplai Bantuan ke TS Poktan KJ

Wakil gubernur Sulut, Steven Kandouw saat memberikan penyampaian sekaligus membuka rakornis pertanian, perikanan dan perkebunan. (Ist)

Manado, detikawanua.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama Wakil gubernur, Steven Kandouw memberikan peringatan kepada Bupati Walikota se-Sulut baik yang lama mapun yang baru terpilih hasil Pilkada 2015 lalu untuk menghentikan 'praktek' pemberian bantuan terutama dibidang pertanian yang dikhususkan bagi para tim sukses (TS), karena unsur para TS itu dianggap kelompok tani (Poktan) kurang jelas alias KJ.

"Itu tidak bisa. Bantuan alat-alat pertanian kepada para TS yang mengatasnamakan kelompok (Poktan)," tegas Wagub, di hadapan peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten/Kota yang di gelar Bakorlu Sulut, di Hotel Sutan Raja, Kamis (07/04) kemarin.

Ditegaskannya juga kepada para peserta Rakornis agar harus memberanikan diri dalam memberikan penjelasan soal penegasan dari dirinya (Wagub, red) kepada atasan/pimpinan hingga kepala daerah mereka masing-masing.

"Sekembalinya saudara-saudara dari Rakornis ini, kalian harus berani menyampaikan kepada atasan saudara untuk menghentikan pemberian bantuan alat-alat pertanian termasuk bantuan hewan ternak kepada TS. Dan warning ini juga berlaku bagi tim sukses OD-SK," tegas orang nomor dua di Sulut ini.

Diakuinya, dari sejumlah data laporan dilapangan selama ini koptan penerima bantuan itu kebanyakan sering salah sasaran, karena banyak bantuan hanya jatuh ketangan TS saja. Dimana kedepan penetrasi (bantuan) baik yang berasal dari APBD maupun APBN akan lebih selektif dan harus diberikan kepada koptan sebagai penerima yang sesungguhnya.

"Saya juga instruksikan pada Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk dapat menyeleksi agar tidak mengakomodir koptan yang merupakan TS. Jangan mau dipaksa menerbitkan sertifikasi bagi kelompok tani yang kurang jelas itu. Ini sudah bukan jamannya lagi mengakomodir hal-hal demikian," ujar mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut itu.

Hadir pula dalam kegiatan rakornis tersebut, Kepala Badan penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian Pusat, Ali Bosar Harahap. (hms/dtkw)

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 08 April 2016 ,

0 komentar for "Wagub : Bupati/Walikota Hentikan Suplai Bantuan ke TS Poktan KJ"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional