Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Suharto : Aparat Desa Bakal Diseleksi Secara Terbuka

Kabag Tapem Setdakab Boltim, Suharto Paputungan.

Boltim, detiKawanua.com - Guna meningkatkan kemajuan daerah, tidak hanya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi prioritas untuk dijadikan target lelang jabatan. namun, hal itu nantinya bakal akan diterapkan juga pada pemerintah desa.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Boltim, Suharto Paputungan menjelaskan, perlu adanya lelang jabatan atau seleksi terbuka bagi aparat desa. "Seleksi terbuka sebagai upaya meningkatkan sumber daya aparat. sebab, beban kerja mereka semakin besar dengan adanya Dana Desa (DD) yang sudah mencapai miliaran rupiah. ini seiring dengan visi-misi Bupati, yakni pembangunan berbasis pedesaan," terangnya, kepada media kemarin.

Kata Dia, sehingga desa sebagai ujung tombak pembangunan diharapkan, memiliki aparat yang mempunyai kompetensi. apalagi kualitas aparat desa, banyak masih dibawah rata-rata. "Ini adalah proyek perubahan saya dalam Diklatpim Tiga dan akan kami usulkan ke Bupati," papar Suharto.

Lanjutnya bahwa, kualitas perangkat desa dinilai masih rendah. hal ini disebabkan proses perekrutan yang tak sesuai mekanisme. "Syarat menjadi aparat desa itu lulusan SMA. tapi banyak terdapat karena faktor kedekatan family dengan kepala desa (Sangadi, red) maka, ditunjuklah aparat desa," ucapnya.

Padahal sesuai aturan pengangkatan aparat desa berdasarkan rekomendasi kepala kecamatan (Camat). tetapi, selama ini pengangkatan dan pemberhentian hanya dilakukan Sangadi. "Selama ini tidak dilaksanakan sesuai petunjuk dan aturan berlaku karena tak diseleksi. sedangkan, dalam rekrutmen harus dibentuk panitia dan mengangkat aparat desa atas rekomendasi Camat," terangnya.

Boltim memiliki 80 desa dengan jumlah kepala urusan sebanyak 240 orang dan kepala dusun sebanyak 310 orang. "Program ini rencananya akan dilaksanakan usai pelaksanaan pemilihan Sangadi secara serentak. aturan memperbolehkan adanya seleksi terbuka karena akan dibentuk tim seleksi," beber Suharto.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 29 April 2016

0 komentar for "Suharto : Aparat Desa Bakal Diseleksi Secara Terbuka"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional