Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Selain Gaji Buruh, Pemprov 'Tekan' Beri Bonus Dari Perusahaan

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Manado, detikawanua.com - Menjawab jeritan suara para pekerja/buruh di Provinsi Sulut, untuk menyesuaikan kinerja dan hasil serta dinilai ada keadilan bagi kesejahteraan buruh, maka kedepan nanti untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Pemprov Sulut akan berlakukan sistem pembayaran bonus diluar gaji pokok yang nantinya akan instruksikan kepada para pelaku usaha/perusahaan di Sulut.

Adapun solusi 'adil' tersebut diambil oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dengan dalil, selain pihak peruhasaan akan mampu membayar dan para buruh nantinya akan bekerja dengan rasa enak dan nyaman.

"Kita dorong perusahaan untuk beri bonus kepada pekerja. Dari pada meminta kenaikan UMP tinggi tapi akhirnya perusahaan juga tidak mampu bayar. Kalau sistem bonus tentu bisa diketahui perusahaan itu ada keuntungannya lebih atau tidak.‬ Kedepan nanti saat industri KEK masuk saya akan bikin seperti itu,"tegas Gubernur, belum lama ini.

Disisi lain, dirinya juga mengakui memang di Sulut dari data yang ada masih ada beberapa perusahaan yang belum bisa mematuhi UMP yang sudah ditetapkan Pemprov Sulut. Oleh karena itu para buruh diharapkan memahami keadaan tersebut karena tenaga kerja khusus Sulut itu belum maksimal.

"Persoalannya produktifitas kita masih rendah. Begitupun dengan industri di Sulut itu berbeda dengan di pulau Jawa. Kita disini paling banyak  hanya sektor jasa seperti restoran dan rumah makan, kalau di pabrik itu enak, karena produktifitas bisa terukur,"ujar mantan anggota DPR-RI PDIP perwakilan Sulut itu.

OD juga meminta para buruh untuk mempercayakan semua itu kepada pemerintah untuk mengatasi setiap problem yang dihadapi baik dari Serikat Buru Indonesia (SBI) maupun para pekerja/buruh sendiri.

"Contohnya soal moratorium kapal nelayan yang akan diterapkan pemerintah pusat, akhirnya dibatalkan karena Pemprov sudah mengambil langkah-langkah penyelesaiannya terhadap Menteri Kelautan Perikanan (KP) RI, Susi Pujiastusi.‬ Jadi percayakan urusan ini kepada kami (Olly-Steven),"pinta Gubernur. 

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 25 April 2016 ,

0 komentar for "Selain Gaji Buruh, Pemprov 'Tekan' Beri Bonus Dari Perusahaan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional