Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sejumlah Petani Jagung Keluh Soal Serangan Hama

Sejumlah Petani Jagung Boltim Keluh Soal Serangan Hama
Tanaman Petani yang diserang Hama.

Boltim, detiKawanua.com -Sejumlah petani jagung yang ada di Desa Purworejo Kecamatan Modayag, keluh soal serangan hama tanaman. pasalnya, di beberapa lokasi lahan milik sejumlah petani tersebut diduga terserang hama.

Menurut penuturan salah-satu petani, Indro Widodo warga Purworedjo kecamatan Modayag bahwa, sudah jelang Tujuh Bulan ini tanaman jagung miliknya mendapat serangan hama.

"Tahun ini, sudah dua kali gagal panen. kemungkinan nama hama yang menyerang itu, hama gulai. serangan hama tersebut, melalui akar tanaman hingga ke daun dan pucuk," ucap Dia, saat bersua awak media Selasa (19/04) sore tadi, turut diiyakan petani lainnya.

Lanjut Dia, akibat dari serangan hama dimaksud, Dirinya dan petani lainnya merugi hingga capai jutaan rupiah.

"Mulai dari pembelian bibit, pupuk, obat-obatan sampai pada ongkos pembayaran tenaga pekerja jika, dirinci maka kami mangalami kerugian jutaan rupiah sebab, sering gagal panen," jelasnya.

Disamping itu, berdasarkan informasi yang berhasil di terima media ini, sejak adanya serangan hama, hingga saat ini dinilai belum ada pemberian bantuan dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Boltim melalui instansi terkait.

"Yang paling kami harapkan adalah bantuan berupa obat-obatan guna mencegah serangan hama tanaman itu agar, nantinya kami bisa menuai hasil panen yang semestinya dan tak gagal panen," ucapnya, dengan nada keluh.

Sementara itu, terkait dengan adanya keluhan petani tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim, Ramlah Mokodompis saat di hubungi melalui telepon selular (Hp) belum dapat dimintai keterangan. Sebab, nomor dalam keadaan sibuk.

Menurut mereka (petani-red) tak hanya jagung, hama juga saat ini telah menyerang sebagian tanaman cabai di beberapa lokasi ladang para petani tersebut. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Selasa, 19 April 2016 ,

0 komentar for "Sejumlah Petani Jagung Keluh Soal Serangan Hama"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional