Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Polri Gandeng Google Temukan Dalang Bocornya UN 2016

ilustrasi kebocoran UN 2016
Sampul bocoran soal UN 2016 yang diunduh di Google Drive. (ist)

Jakarta, detiKawanua.com - Hingga saat ini pihak Kepolisian (Polri) Republik Indonesia masih terus mengincar pelaku dibalik bocornya soal Ujian Nasional SMA yang terjadi beberapa pekan sebelum pelaksanaan.

Tak tanggung-tanggung, Polri meminta pihak Google dalam perburuan tersangka. Hal ini disampaikan Kabareskrim Polri, Komisaris Jendral Budi Waseso, seperti dilansir CNN Indonesia, dimana tersangka menggunakan penyimpanan virtual (cloud) google drive untuk mempermudah publik mengunduh bocoran soal UN yang dimaksud.

"Kami meminta lansung Google dalam membantu penyidik untuk memastikan pelacakan jaringan yang digunakan pelaku saat mengunggah soal tersebut. Saat ini kami sedang menunggu hasil konkret evaluasinya." ujar Budi.
 
Budi menambahkan hasil dari Google tersebut akan mendukung barang bukti yang sebelumnya telah penyidik Bareskrim temukan. Meski begitu Budi masih menampik terkait pengunguman tersangka sebelum ada penetapan.

Untuk diketahui kasus bocoran soal UN SMA berdasarkan laporan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada Rabu pekan lalu. Selain ke pihak kepolisian, Anies juga menyurat kepada Google untuk memblokir akses atas dokumen-dokumen UN yang bocor dan tersimpan di google drive.

13 saksi dari langsung diperiksa Bareskrim sekaligus menggeledah Percetakan Negara. Investigas pihak kepolisian sempat terkendala pemblokiran yang diajukan oleh Anies. Namun, berkat kerjasama Polri dan Google, pihak kepolisian sudah dapat kembali mengakses data yang diperlukan.

Sementara itu, pihak Google melalui Manajer Komunikasi, Jason Tedjasukmana memastikan pihaknya sudah memblokir akses atas dokumen UN yang ada di google drive.

"Kami sangat prihatin mengetahui Google Drive telah disalahgunakan untuk menyimpan bocoran soal Ujian Nasional. Setelah menerima permintaan pemerintah, kami mengambil langkah cepat dengan memblokir akses," jelasnya. (**)

Rep/Editor : Rafsan Damopolii

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 08 April 2016 , , , ,

0 komentar for "Polri Gandeng Google Temukan Dalang Bocornya UN 2016"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional