Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemkab Boltim Berencana Bangun 24 Paket Jalan Usaha Tani

Nampak Kepala Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis saat diareal cetak sawah di Motongkad.

Boltim, detiKawanua.com - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas pertanian dan peternakan (Dispertanak) berencana bangun 24 paket jalan usaha tani.

Hal ini, dituturkan Kepala Dinas Pertanian dan Peteranakan (Dipertanak) Boltim, Ramlah Mokodompis, bahwa Pemkab Boltim terus membangun jalan-jalan usaha tani agar akses ke kantong-kantong produksi pertanian bisa terbuka, juga petani dengan mudah membawa hasil pertaniannya sehingga bisa meningkatkan taraf hidup. 

"Ada sekitar 24 paket jalan usaha tani yang akan dibangun. ini tersebar di Lima kecamatan yang ada di Boltim, untuk Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 2 milar lebih," papar Ramlah, saat disambangi di ruang kerjanya siang tadi

Dia menambahkan, Tahun ini untuk pembangunan irigasi persawahan rancananya akan dibangun sumber air. "Ada 15 paket untuk pembangunan yakni terbagi atas dam parit, embung dan irigasi permukaan, yang semuanya berasal dari DAK senilai Rp 5,4 miliar," bebernya, Senin (11/04).

Kata Dia, Tahun lalu pihaknya berhasil membangun 111,2 kilometer jalan usaha tani dan 17 unit jaringan irigasi desa. "Dispertanak membangun jaringan irigasi desa serta Ribuan kilometer jalan usaha tani yang kita bangun Tahun lalu dan sudah bisa dimanfaatkan petani," tuturnya.

Boltim mendapatkan bantuan cetak sawah baru seluas 115 hektar yang dibangun di Desa Motongkad, Nuangan dan Molobog. "Anggarannya Rp 1,8 miliar. setiap hektar ada sekira Rp 16 juta. sekarang sudah tahap pelaksanaan," ungkapnya kepada awak media.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 11 April 2016

0 komentar for "Pemkab Boltim Berencana Bangun 24 Paket Jalan Usaha Tani"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional