Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemkab Bantaeng Terima Kunjungan Tim Review Pelaksanaan Selaras DFAT

Asisten II Setdakab Bantaeng ketika Menerima Kunjungan Tim Review Pelaksanaan  Selaras DFAT. /Ist

Bantaeng, detiKawanua.com
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menyambut kedatangan Tim Review Pelaksanaan Selaras (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Masyarakat Sejahtera) yang dilakukan oleh tim DFAT (Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia), dalam rangka melihat sejauh mana keterkaitan data yang dihasilkan oleh Selaras, dengan program-program perlindungan sosial serta komitmen di Kabupaten Bantaeng.

Penerimaan tim berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Bupati Bantaeng, Kamis (21/04) kemarin dan diterima oleh Asisten II Bidang Ekbang Syamsul Suli didampingi oleh Kadis Sosnakertrans Syahrul Bayan, Direktur Rumah Sakit Umum Anwar Makkatutu dr. H. Sultan, Ketua Baznaskab H. Arbia Karib, Koordinator Data dan Informasi UPT SPMKS Sipakatau Husni Alam, para Supervisor Selaras Bantaeng serta perwakilan dari beberapa SKPD terkait.

Kadis Sosnakertrans, Syahrul Bayan yang juga merupakan Kepala Sekretariat UPT SPMKS Sipakatau, menegaskan, pelaksanaan Selaras yang dimulai sejak Agustus 2015 telah berjalan cukup baik, melalui Selaras telah dilakukan rujukan dan penanganan secara langsung terkait masalah-masalah sosial yang ada di Kabupaten Bantaeng, dengan motto Bekerja Melayani dan Menangani. Bahkan telah dilakukannya matching data dari Fasilitator Selaras Desa/Kelurahan,  dan juga telah melakukan sejumlah penanganan beberapa penanganan masalah sosial dan masalah lainnya.

"Melalui Selaras juga telah dibuka layanan 1 x 24 jam bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial, dan akan mengupayakan aplikasi sinkronisasi data dan melakukan perbaikan aplikasi SIAP OFA , Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan One For All," ujarnya.

Sementara itu, Sharlene, Expert for Management Information System, MAHKOTA program, AusAID, selaku perwakilan DFAT, mengemukakan, dipilihnya Kabupaten Bantaeng sebagai salah satu pilot project Selaras ini, tentunya karena alasan bahwa program-program terkait masalah sosial di Bantaeng sudah berjalan dengan sangat baik. 

"Saya rasa banyak hal yang bisa dipelajari dari Bantaeng, khususnya terkait pelayanan terhadap penyandang sosial. Dan juga nampak Komitmen Pemkab. Bantaeng terhadap berbagai Program Perlindungan sosial baik itu dari Program Nasional maupun Program Daerah. Dibuktikan dengan adanya layanan yang Pro pada Rakyat melalui BSB Brigade Siaga Bencana serta adanya UPT Sipakatau yang juga adalah Selaras Bantaeng," jelasnya.

Penerimaan ini, diawali dengan penyampaian beberapa program daerah Pemkab. Bantaeng yang telah berlangsung sejak tahun 2008 hingga saat ini yang telah mengalami berbagai perubahan pelayanan yang selalu menyentuh pada kepentingan rakyat, hal ini dikemukakan langsung oleh Asisten II Syamsul Suli dan juga ditambahkan oleh Kadis sosnakertrans Syahrul Bayan.

Tampak pula tim Review Selaras, yaitu Shirman Purba, Quality Assurance Manager, MAHKOTA program, AusAID, Ferry Yuswanto, Procurement and grant manager, MAHKOTA program, AusAID, Umi Hanik, Monitoring and Evaluation Specialist for Integrated Referral & Service (IRS) System for Social Protection and Poverty Reduction, MAHKOTA program, AusAID, Widya Sutiyo, Local Government Support Coordinator for IRS, MAHKOTA program, AusAID.

Selanjutnya, tim Review Selaras ini melakukan kunjungan di UPT SPMKS Sipakatau dan melakukan wawancara langsung kepada Manager Daerah Selaras Bantaeng, Syahrul Bayan dan beberapa Supervisor lainnya di Sekretariat Selaras yang beralamat di Jalan Merpati Nomor 2 Bantaeng, tepatnya depan GOR Mallilingi Bantaeng. (sb/dkc)

Editor: vkg

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 22 April 2016 ,

0 komentar for "Pemkab Bantaeng Terima Kunjungan Tim Review Pelaksanaan Selaras DFAT"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional