Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Keragaman Maluku Utara dalam Kain Tenun Ternate

Berbagai Motif  Kain Tenun Ternate. /Ist

Ternate, detiKawanua.com - Jika Anda berkunjung ke Ternate, Maluku Utara, datanglah ke daerah yang bernama Koloncucu. Di daerah ini, Anda akan menemukan banyak pengrajin kain tenun Ternate.

Kain Tenun Ternate memang jarang kita dengar dan kurang populer di dunia busana Indonesia. Namun demikian, kain ini adalah sesuatu yang langka dan sudah ada cukup lama di Ternate. Koloncucu adalah pusat pembuatannya dan kerajinan kain ini telah diturunkan secara turun-temurun.

Baca juga: Benteng Tolukko, Sajak Nyata Perjalanan Ternate di Masa Lalu

Sebagai salah satu kain tenun yang unik dan memiliki karakter kuat, proses pembuatan kain tenun Ternate biasanya memakan waktu sekitar 1 minggu. Namun demikian dapat menjadi 1 bulan bila motif kain yang dibuat cukup rumit.


Pertama, benang yang menjadi bahan dasar harus diurai dan diregangkan secara vertikal dengan menggunakan peralatan yang umumnya terbuat dari bambu dan kayu. Kemudian, sang pengrajin harus menyilangkan benang lainnya hingga membentuk motif dan mengikatnya hingga kuat dan membentuk kain. Inilah sebabnya mengapa kain ini disebut tenun ikat. Setelah terus dikerjakan selama beberapa waktu, kain tersebut pun siap dilipat dan dikemas untuk selanjutnya dijual.
   
Pada dasarnya, kain tenun Ternate tidak berbeda dari kain tenun lain di Indonesia. Mulai dari benang yang menjadi bahan dasar, peralatan hingga teknik pembuatan pun sama dengan kain tenun dari daerah lain. Namun yang membedakan kain berharga mahal ini adalah motif yang menjadi ciri khasnya. Untuk kain Tenun Ternate biasanya akan menggunakan berbagai motif yang berkaitan dengan keragaman Maluku Utara yang berkaitan dengan dunia laut seperti ikan, kerang, ataupun burung laut. (*/idk)

Editor: vkg

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 02 April 2016 , ,

0 komentar for "Keragaman Maluku Utara dalam Kain Tenun Ternate"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional