Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kepala KPPT: Pengurusan Izin di Pemkab Bolmong Satu Pintu

Bupati Bolmong, Salihi Mokodongan. /Ist

Bolmong, detiKawanua.com - Pengurusan perizinan di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Pemkab Bolmong), terhitung sejak terhitung 1 April tahun 2016, telah melalui satu pintu, dalam hal ini lewat Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT).

Menurut Kepala KPPT Bolmong, Hi Usman Buchari SHut, sesuai dengan edaran dari Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan, bernomor: 600/K.14/KPPT/02/III/2016, yang ditujukan ke instansi terkait, bahwa pelimpahan kewenangan perizinan dan non perizinan, menjadi wewenang KPPT Bolmong.

"Jadi pengurusan izin dan non perizinan, di Pemkab Bolmong, kini kewenangannya berada di instansi kami dalam hal ini KPPT Bolmong," kata Buchari, kemarin.

Lanjutnya, surat tersebut juga seiring dengan Perbub Bolmong, nomor 1 tahun 2015, tentang pendelegasian kewenangan penandatanganan izin dan non perizinan, kepada Kepala KPPT Bolmong. “Apalagi, sudah ada edaran dari Pak Bupati ke tiap-tiap pimpinan SKPD,” ujar Buchari.

Untuk itu, KPPT akan melakukan sosialisasi ke pemerintah kecamatan maupun desa terkait proses perizinan itu. "Kami sudah membaginya menjadi delapan titik di 15 kecamatan, untuk dilakukan sosialisasi. Nantinya satu titik melayani 2 kecamatan," ucap Buchari.

Dengan demikian, terang Buchari, mewujudkan pelayanan perizinan dan non perizinan yang prima dan berkualitas. "Sehingga kita dapat mengoptimalkan fungsi pelayanan dalam pendelegasian pengurusan perizinan dan non perizinan di KPPT Bolmong," terangnya.

Menurutnya,  fungsi pers juga sangat diperlukan dalam mengontrol terkait dengan pelayanan publik di masyarakat. "Itu sudah ketentuan dari UU Nomor 5 tahun 2009, yang menyebutkan, pers harus mengontrol terkait pelayanan publik terkait pengurusan perizinan dan non perizinan," lanjutnya.

Sementara itu, Sekda Bolmong, Drs Ashari Sugeha menekankan, agar KPPT Bolmong, terus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor perizinan. "Walaupun sudah over target, KPPT terus menggali peluang yang bisa mendapati PAD di sektor perizinan," singkatnya. (*/Try Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 23 April 2016

0 komentar for "Kepala KPPT: Pengurusan Izin di Pemkab Bolmong Satu Pintu"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional