Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kabid Kehutanan Bolmut: Akan Lakukan Penanaman Kembali, Tapi Bukan Jenis Trembesi

Pohon Trembesi. Insert: Daniel Palilu, Kabid Kehutanan Dispertanakbunhut Bolmut. /Ist

Bolmut, detiKawanua.com  - Sebagai tanaman tahunan yang bisa berusia sampai puluhan bahkan ratusan tahun, pohon Trembesi banyak dipilih pemerintah daerah di Indonesia untuk proyek penghijauan, terutama dilahan-lahan yang terbengkalai.

Penanaman pohon trembesi makin ramai dilakukan setelah ada sebuah pabrikan rokok yang mensponsori penanaman pohon trembesi ini sepanjang jalur Pantura.

Baca juga: Wabup Bolmut Terima Tim TOT Pengembangan Sapi Potong

Namun, bagi warga di seputaran Boroko dan Boroko Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), keberadan pohon tersebut dianggap merugikan. Sehingga mereka beramai-ramai menebang pohon tersebut yang ditanam di pinggir jalan oleh Bidang Kehutanan Dispartanakbunhut Bolmut. Hal ini  dikarenakan kekhawatiran warga atas kemungkinan tumbangnya pohon yang dapat membahayakan mereka.

“Kami merasa khawatir dengan kondisi pohon yang semakin hari semakin besar ini, dan untuk mengantisipasi bahaya yang sekali waktu menimpa rumah atau orang sekitar. maka jalan satu-satunya ditebang saja,” ujar Riki, salah satu warga Boroko.

Menanggapai hal tersebut, Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan yang melalui Kepala Bidang Kehutanan Ir. Daniel Palilu, menyatakan jika penanaman pohon trembesi yang merupakan program bidang kehutanan tidak cocok ditanam di pinggir jalan.

“Pohonnya cepat patah sehingga membahayakan warga sekitar bila ada angin kencang, belum lagi Trotoar dan aspal mudah rusak akibat akarnya menjalar kemana-mana. oleh karena itu saat ini kami biarkan warga setempat melakukan penebangan, yang penting tidak merusak,” tuturnya, ketika ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (06/04).

Lihat juga: Agar Tidak Tinggal Kenangan, Benahi Danau Limboto Butuhkan Dana 11 Triliun

Kabid yang sudah bertahun-tahun tugas dibidang kehutanan ini, menambahkan, jika pihaknya akan melakukan upaya penanaman kembali, namun dengan jenis yang berbeda.

“Saat ini kami lagi persiapkan upaya penanaman kembali untuk area pinggiran jalan. Namun kali ini dengan jenis pohon yang memiliki akar tunggal dan cabang yang kuat, sehingga tidak membahayakan masayarakat sekitar,” pungkasnya. (*Reza/Arby)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 07 April 2016 ,

0 komentar for "Kabid Kehutanan Bolmut: Akan Lakukan Penanaman Kembali, Tapi Bukan Jenis Trembesi"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional