Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Fitur Baru Twitter Manjakan Penyandang Tuna Netra

Ilustrasi. /Ist

detiKawanua.com
- Twitter meluncurkan fitur yang memungkinkan penyandang tuna netra bisa ikut aktif di dunia maya.

Fitur baru dalam media sosial 150 karakter ini, berupa caption untuk melengkapi keterangan foto.

Sebelumnya, netizen menulis keterangan foto melalui cuitan 150 karakter. Dengan pembaruan ini, pengguna bisa menuliskan caption khusus hingga 420 karakter.

Selain untuk memperkuat konten visual, fitur bertajuk “image description” juga bertujuan membantu penyandang tunanetra “melihat” gambar di Twitter.

Caption tersebut bakal bisa memanjakan penyandang tunanetra melalui teknologi pembantu, seperti voice over tulisan atau tampilan braille.

Sangat disarankan untuk memberikan deskripsi selengkap mungkin di bagian caption agar tunanetra bisa “melihat” gambar dengan lebih detail.

Bagi orang-orang dengan penglihatan normal, banjir foto di Twitter bisa menambah pengetahuan tentang suatu kejadian secara real-time. Namun, bagi para tunanetra, hal tersebut tentu tak bisa diserap sebagaimana mestinya.

“Kami ingin pesan dalam foto-foto yang dibagi di Twitter bisa tersampaikan ke audience yang lebih banyak, termasuk para tunanetra,” begitu tertulis pada blog resmi Twitter, seperti dikutip dari KompasTekno.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut di aplikasi Android, pengguna cukup menekan menu tiga titik pada ujung kanan atas laman Twitter. Selanjutnya pilih “Settings”, lalu tekan “Accessibility”.

Di dalamnya, tersedia pilihan “compose image descriptions”. Centang kotak di sampingnya untuk mengaktifkan fitur ini.

Jika sudah, setiap kali hendak membagi foto, pengguna akan melihat pilihan “add descriptions” untuk menuliskan keterangan foto sampai 420 karakter. (*/vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 01 April 2016

0 komentar for "Fitur Baru Twitter Manjakan Penyandang Tuna Netra"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional