Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dispertanak Boltim, Kelola 45 Hektar Lahah Persawahan

Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis.
Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis.

Boltim, detiKawanua.com - Areal persawahan yang ada di Desa Motongkad bersatu di Kecamtan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sudah bisa di garap kembali. pasalnya, lahan yang sudah cukup lama tertidur kini di buka kembali oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim.

Hal ini di ungkapkan oleh Kepala Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis bahwa, persawahan yang ada di Motongkad bersatu yang memang lahannya cukup lama tak digarap (tertidur-red). Saat ini, sudah mulai di buka kembali.

"Lahan yang tertidur di desa Motongkad bersatu ada sekitar 45 hektare (Ha) yang terbagi untuk Motongkad induk 30 hektar sedangkan, Motongkad utara 15 hektar," beber Ramla, siang tadi.

Dia juga menambahkan bahwa, pekerjaan ada sekitar 180 hari, "itu akan juga dibuat tanggul untuk mengantisipasi material yang akan masuk ke sawah apabila musim penghujan. dan juga potensi keseluruhan persawahan yang ada di Motongkad bersatu hampir capai 200 hektar," jelasnya.

Lanjutnya, total anggaran untuk pembukaan lahan sawah di Motongkad bersatu , sekitar 1,9 miliar, "apabila sudah selasai di buka, kami juga akan memberikan bantuan kepada petani penggarap sawah seperti bibit dan pupuk,  tinggal bagaimana petani sawah yang akan mengelola," katanya, Rabu (06/04).

Dia menambahkan, petani juga akan mendapatkan asuransi apabila gagal panen nanti. tapi, itu tergantug luas persawahannya.

"Apabila luar persawahannya ada Satu hektar maka, dia (petani-red) akan mendapat Rp 6 juta dan asuransi ini namanya, asuransi usaha tani padi. asuransi itu akan diberlakukan Tahun ini," ungkap Ramlah, kepada sejumlah awak media. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Kamis, 07 April 2016

0 komentar for "Dispertanak Boltim, Kelola 45 Hektar Lahah Persawahan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional