Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Diam-diam Masuk, Kapal Filipina Ini Ditangkap di Wilayah ZEE Laut Sulut

Ilustrasi kapal asing yang berada di laut Sulawesi. (Ist)

Bitung, detikawanua.com - Masuk di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di laut Sulawesi tanpa izin sah atau secara ilegal merupakan tindakan yang melanggar hukum. Hal itu terjadi pada kapal ikan bernama KP Padaido milik negara Filipina, yang kini harus berurusan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena diduga melakukan aktivitas penangkapan ikan di wilayah laut Sulut.

"Kapal dan beberapa anak buah kapal (ABK)-nya berwarga negara Filipina sudah kami amankan," kata Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kota Bitung, Pung Nugroho Saksono seperti dilansir Antara, Minggu (17/04) siang tadi.‬

Dari hasil pengamanan tersebut, dirinya mengungkapkan barang bukti tangkapan dari KP Padaido itu berupa ikan tuna, yang juga telah diamankan pihak kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bitung.

‪"Jadi mereka sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa memiliki dokumen perizinan yang sah dari Pemerintah Indonesia di ZEE Laut Sulawesi yang jenis pelanggarannya sebagaimana diatur pada Pasal 5 ayat (1) huruf (a) Pasal 92 Jo. Pasal 26 ayat (1), Pasal 93 ayat (2)Jo. Pasal 27 ayat (2), Pasal 85 jo Pasal 9 ayat (1) UU No. 45 tahun 2009 Tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan," terang Saksono.

‪Diketahui sebelumnya sering ditegaskan Menteri KP, Susi Pudjiastuti, bahwa jenis kerja sama untuk mencapai tujuan penangkapan ikan secara ilegal, merupakan bentuk kejahatan transnasional.‬ (mdk/atr/dkc) 

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 17 April 2016 , ,

0 komentar for "Diam-diam Masuk, Kapal Filipina Ini Ditangkap di Wilayah ZEE Laut Sulut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional