Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bukan Hibah, Namun KUR Masuk Jadi Program ODSK

Sekertaris Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut, Benny Kalonta

Manado, detikawanua.com - Kredit Usaha Rakyat (KUR) bukan merupakan dana hibah kepada masyarakat, namun itu merupakan salah satu program pemerintah yang sekarang disingkronkan dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), yang fungsinya untuk meringankan para usaha mikro kecil menengah.

"Diharapkan oleh pemerintah program ini harus tepat sasaran seperti yang ditegaskan pak Wagub (Steven Kandouw,red). Oleh karena itu, sekarang bunganya turun drastis menjadi 9 persen dari yang dulunya 22 persen, dimana yang 9 persen itu adalah subsidi pemerintah,"terang Sekertaris Koperasi dan UMKM Sulut, Benny Kalonta, Selasa (26/04).

Dijelaskannya pula KUR ini merupakan dana perbankan, jadi diharapkan kepada masyarakat nanti itu nantinya tetap dikembalikan.

"Pengembaliannya itu dalam jangka waktu 3 tahun. Sehingga perlu diingatkan kembali juga, jika bersifat pinjaman tentu ada pengembaliannya, karena akan ada konsekwensi hukum,"ungkap mantan Kepala UPTD Samsat Manado itu.

Adapun untuk target besaran nominal anggaran secara skala nasional Indonesia menurut Kalonta, mencapai Rp100 hingga 120 triliun yang untuk Sulut tidak mendapatkan target anggaran berapa yang akan terpakai.

"Ada juga lembaga yang meyerupai KUR, yang ini dari pemerintah yang dibawahi Kementerian Koperasi dan UMKM yakni, Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB). Itu bunganya 6 persen yang fungsinya juga untuk koperasi dan mikro kecil menengah. Namun, semua itu harus ada tahapanya,"tandas Kalonta.

Diketahui yang membedakan KUR adalah bersifat atau aturan perbankan, kalau untuk LPDB merupakan dana pemerintah melalui APBN.

Rep/Editor: Isjo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 26 April 2016 ,

0 komentar for "Bukan Hibah, Namun KUR Masuk Jadi Program ODSK"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional