Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

BPMPTSP Boltim : Untuk Usaha Kos-kosan Wajib Urus Izin

Kepala BPMPTSP Boltim, Imran Makadomo.

Boltim, detiKawanua.com
- Puluhan rumah kos-kosan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dinilai tak miliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Akan hal itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Imran Makadomo menjelaskan, selama ini baru 4 kos-kosan yang mengurus izin tapi ada juga yang belum memperpanjang izinnya. "Bahkan sudah ada yang diberi Surat Peringatan (SP II) kepada salah satu oknum pengusaha, terkait tempat kosnya belum mengurus izin. padahal kami selalu menganjurkan agar mengurusnya," jelasnya, kepada sejumlah awak media.

Hal tersebut juga dituturkan, Kepala Bidang Perizinan BPMPTSP Boltim, Trikal Ndobe bahwa untuk kos-kosan ini, harus mengurus setidak-tidaknya 4 izin. "Izin yang harus diurus yakni, IMB SITUP, SIUP dan HO. dari 4 kos-kosan yang sudah memiliki izin, ada 1 yang izinnya telah habis namun, belum diperpanjang," bebernya, Senin (11/04) kemarin.

Katanya, bisa saja meminta kepada instansi terkait, yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) yang bertindak sebagai penegak Peraturan daerah (Perda) untuk bertindak tegas tetapi, masih diberi waktu untuk segera mengurus izin. "Sebagai tim terpadu, kami juga bisa menyurat ke Satpol-PP untuk lakukan operasi di semua kos-kosan yang belum miliki izin," ujar Trikal.

Terpisah, Kepala Satuan Pol-PP Kabupaten Boltim, Ruslan Djarangkala menegaskan, bahwa pihak mereka bisa saja langsung bertindak tegas dengan lakukan operasi dan tindakan tanpa ada surat permintaan dari BPMPTSP. "Sebenarnya, jika sudah diberikan SP II kepada oknum tersebut, itu sudah bisa ditindak. namun kami masih merancang Standar Operasi Prosedur (SOP) di daerah. SOP yang kami miliki masih mengacu ke SOP Satpol-PP pusat," kata Djarangkala dengan jelas.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 12 April 2016

0 komentar for "BPMPTSP Boltim : Untuk Usaha Kos-kosan Wajib Urus Izin"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional