Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bersama BPS, ADM Gelar Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

ADM saat Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016. /Ist

Kotamobagu, detiKawanua.com - Anggota DPR RI Komisi XI Aditya Anugrah Didi Moha Sked MM (ADM) menjadi salah satu narasumber dalam Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016, yang  bertempat di Cafe Bulawan Kelurahan Kotabangon Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Selasa (05/04).

Dalam kegiatan yang digelar  Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat ini, ADM juga memberikan penjelasan soal kerja-kerja Komisi XI DPR RI Komisi XI kepada beberapa satuan kerja perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Kotamobagu, camat, lurah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama serta pihak LSM dan akademisi, yang  hadir.

Dalam sosialisasi tersebut, ADM menyampaikan, sensus ekonomi akan memberikan dampak bagi pembangunan di Kotamobagu, sehingga diharapkan peran serta pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, termasuk perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan, untuk bahu membahu menyukseskan sensus ekonomi demi pembangunan Kotamobagu.

Aditya Moha juga menjelaskan, sensus ekonomi diperlukan untuk mendapatkan informasi potret utuh tentang perekonomian bangsa, yakni sebagai landasan penyusunan kebijakan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Tentu saja, pendataan seluruh sektor, akan menghasilkan gambaran lengkap tentang tingkat dan struktur ekonomi.

"Kami di Komisi XI tentu saja mengharapkan adanya data sensus yang benar benar akurat, sehingga dalam pengambilan keputusan dari sisi penganggaran dapat diperjuangkan, sebab sensus sendiri mencakup semua aktivitas ekonomi, baik skala mikro yaitu usaha kecil dan menengah hingga skala makro, terkecuali sektor bidang pertanian," ujar ADM.

Dirinya menambahkan, adanya sensus sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan serta evaluasi pembangunan, tujuannya meliputi basis data strategis untuk membangun perekonomian indonesia yang berbasis Nawacita sebagaimana program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Melalui sensus akan didapat gambaran lengkap level dan struktur ekonomi, demikian pula karakteristik usaha di indonesia, termasuk dapat mengetahui soal daya saing bisnis  dalam menghadapi yang namanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Di akhir penyampaiannya, ADM membeberkan, lapangan usaha yang akan disensus terkait dengan Program SE 2016, di antaranya adalah pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik gas uap air panas dan udara dingin, pengadaan air, pengelolahan air limbah, pengelolaan daur ulang sampah, aktivitas remediasi, kontruksi, perdagangan besar dan eceran, raparasi dan perawatan kendaraan bermotor, pengangkutan dan pergudangan, real estate, penyediaan akomodasi makan dan minum, informasi dan komunikasi, aktivitas keuangan dan komunikasi dan lain sebagainya. (**/dtkc)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 05 April 2016 , , ,

0 komentar for "Bersama BPS, ADM Gelar Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional