Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Banggar DPRD Sulut Kecam Pergeseran Anggaran di Diknas Sulut

Kadiknas Sulut Asiano Gemmy Kawatu.

Manado, detiKawanua.com - Adanya pergeseran anggaran di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara (Diknas Sulut) mendapat kecaman dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut, karena dianggap berlebihan dan tanpa melihat dengan cermat kondisi pendidikan di Sulut terlebih dahulu.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Sulut Asiano.G Kawatu dalam rapat pembahasan pergeseran anggaran bersama Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Kawatu menjelaskan bahwa pergeseran dilakukan demi pengembagan mutu dan kualitas pendidikan di daerah Sulut.

"Pergeseran merupakan kebutuhan dan dalam kegiatan kami ini ada 6 program, dengan total pergeseran Rp 12,8 miliar. Antara lain diperuntukan pada program pendidikan anak usia dini, program manajemen pelayanan pendidikan dan lain,"kata Kawatu.

Selain itu, Lanjut Kadiknas, pergeseran dilakukan karena beberapa hal yang menjadi kebutuhan pendidikan di Sulut seperti pelatihan program bahasa inggris di amerika dan pelatihan bahasa mandarin di cina pada awal september nanti.

"Ada juga pelatihan bahasa inggris di amerika dan pelatihan bahasa mandarin di cina yang akan dilakukan pada awal bulan september,"tambahnya

Meski demikian, anggota Banggar Jems Karinda menilai langkah yang diambil adalah tidak tepat mengingat, masih banyak kebutuhan lain berupa sarana pendidikan di sulut yang belum tertata dengan baik. Karinda laly mengusulkan adabaiknya jika pergeseran itu dibatalkan dan dialokasikan pada kebutuhan lain lain berupa sarana pendidikan.

"Padahal masih banyak hal menyangkut pendidikan di sulut yang perlu mendapat perhatian,"kata Karinda yang juga Ketua Komisi IV DPRD Sulut yang berhubungan dengan pendidikan.

Menurutnya ada beberapa asrama mahasisiwa di luar daerah yang membutuhkan bantuan rehap bangunan seharunya, yang sifatnya mendesak semacam itulah yang diperhatikan daripada harus ke amerika dan ke cina.

"Terdapat asrama mahasiswa di Malang sedang membutuhkan bantuan dan seharusnya itu yang diprioritaskan,"tegas Karinda

Mengenai arsama mahasiswa ternyata, tidak saja di Malang akan tetapi terdapat asrama mahasiswa Sulut yang ada di Bandung saat juga membutuhkan perhatian pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh anak mantan Gibernur Sulut Eva Sarundajang.

"Bukan hanya di Malang, di Bandung pun demikian. Saya perna berkunjung ke asrama dan memang kondisinya sudah sangat memprihatinkan, seharusnya itu diutamakan," kata Eva.(Rifaldi Rahalus)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Rabu, 06 April 2016 , ,

0 komentar for "Banggar DPRD Sulut Kecam Pergeseran Anggaran di Diknas Sulut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional