Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Aktivis, LSM dan Generasi Muda BMR, Dukung Investasi PT CNS untuk Kemajuan Bolmong

Deklarasi Mendukung Gerakan Investasi di Bolmong, Minggu (10/04).

Bolmong, detiKawanua.com  - Kehadiran salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi semen, yakni PT Conch North Sulawesi (CNS), di Kabupaten Bolaang Mongondow, terus didorong kalangan aktifis, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Generasi Muda se Bolaang Mongondow Raya (BMR). Mereka berharap, PT CNS tidak setengah  hati atau merasa khawatir berinvestasi di Bolmong.

Apalagi saat ini sudah lebih dari 200 orang karyawan yang merupakan putra daerah Bolaang Mongondow, direkrut  bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini membuktikan bahwa kehadiran  PT CNS dapat membawa kemakmuran bagi rakyat Bolmong.

Ketua LSM Forum Masyarakat Kota (Formak) Ando Lobud dan Sekertarisnya, Fadli Simbuang menegaskan, investasi yang masuk di Bolmong patut disyukuri karena akan memberi banyak manfaat dan dampak positif. “Tidak hanya untuk kemajuan daerah, tapi untuk jaminan kesejahteraan masyarakat melalui terbukanya peluang dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat asli Bolmong,” kata Ando bersama Fadli, Minggu (10/04).

Senada dikatakan Ketua dan Sekertaris LSM Gerakan Peduli Tanah Lahir (Garputala), Adriadi Paputungan, Supandri Damogalad. Keduanya meyakini bahwa kehadiran investasi PT CNS dengan jumlah Rp10 triliun, akan membawa dampak kemajuan bagi Bolmong, terutama kota Lolak sebagai Ibu Kota Kabupaten. “Saatnya Bolmong bangkit menjadi daerah yang disegani. Kehadiran PT CNS akan membuat bolmong menjadi daerah berbasis industri yang maju dan mampu berdaya saing, tidak hanya di Sulut tapi berskala nasional,” kata Adriadi diiyakan Supandri.

Seperti diketahui, PT CNS telah memperoleh ijin lokasi dari kementerian, memperoleh rekomendasi Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan, rekomendasi kawasan hutan, rekomendasi Badan Pertanahan Nasional (BPN), rekomendasi tata ruang dan UKL, UPL. Saat ini sedang dalam proses pengurusan IUP Pertambangan dan IUP Produksi.

Selain itu, sudah sekitar  Rp 2 miliar yang sudah masuk ke daerah Bolmong sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). PT CNS juga akan membangun Mess, Hotel dan Pelabuhan di wilayah Lolak.

Manfaat lainya yang dapat diperoleh rakyat Bolmong yakni listrik sebesar 75 Megawatt.  Dari 75 megawatt ini, PT CNS hanya akan memakai sekitar 30 Megawatt untuk kegiatan perusahaan. Sisanya sebesar 45 Megawatt, akan diserahkan bagi kepentingan masyarakat Bolaang Mongondow Raya.

Bolaang Mongondow akan menjadi daerah jalur perdagangan Cina. Apa sebab, letak Bolmong tepat berada digerbang Asia Pasifik. Target produksi semen perhari yang direncanakan yakni 10 ribu ton perhari. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 10 April 2016

0 komentar for "Aktivis, LSM dan Generasi Muda BMR, Dukung Investasi PT CNS untuk Kemajuan Bolmong"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional