Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sualang Sarankan Warga Korban Penggusuran Sat Pol PP Menempuh Jalur Hukum

Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Richard Sualang. (Foto: v1c)

Manado, detiKawanua.com - Penggusuran rumah warga yang bertempat di Kawasan Ringroad oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Sabtu (18/03) pekan lalu, menjadi tanda tanya besar di benak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado.

"Kan lahan yang ditempati warga itu adalah miliki mereka. Tapi kenapa pemerintah menggusurnya?," tanya Sualang, sambil menggeleng-gelengkan kepalanya, Selasa (22/03).

Baca juga: Nontje Sompotan : Kasat Pol PP Manado Bagi Saya Adalah HERODES

Sualang pun menilai langkah yang diambil ini tidaklah bijaksana. Terlebih, politisi dari Partai PDIP ini mengatakan, kinerja Sat Pol PP kedepannya harus dievaluasi.

"Untuk masalah-masalah seperti ini, kami (Dewan) mendesak Pemerintah Kota agar bertindak sesuai prosedur yang berlaku," katanya.

Dikesempatan yang sama, Dirinya mengusulkan agar supaya warga yang menjadi korban penggusuran ini menempuh jalur hukum.

"Jika memang warga mempunyai landasan hukum yang kuat terkait tanah yang mereka tempati, kami sarankan untuk menumpuh jalur hukum," tambahnya mengusulkan.

Lihat juga: Himbau Warga Miliki IMB, Pengacara TA Pastikan Surat Kliennya Tak Cacat Hukum

Untuk diketahui, sebelum penggusuran ini dilakukan oleh Sat Pol PP, warga korban penggusuran tersebut sempat mendatangi DPRD Kota Manado pada Senin (14/03) untuk meminta solusi terkait lahan yang mereka tempati karena dipersoalkan Pemkot.

Pada waktu itu juga, warga menunjukkan surat putusan dari Pengadilan Tinggi Manado tertanggal 13 Juli tahun 2011, yang mengatakan bahwa warga yang menempati lahan tersebut adalah pemilik sah, dan memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 22 Maret 2016 ,

0 komentar for "Sualang Sarankan Warga Korban Penggusuran Sat Pol PP Menempuh Jalur Hukum"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional