Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sosialisasi Pembekalan Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kecamatan Digelar Pemda

Amin Musa, Asisten I Pemkab Boltim tengah memberikan sambutan.

Boltim, detiKawanua.com - Bertempat di Kantor Camat Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (17/03), Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), menggelar Sosialisasi Pembekalan Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kecamatan Tahun 2016.

Dalam kegiatan tersebut, Amin Musa memberikan sambutan, menyinggung terkait kehadiran para Kepala desa (Sangadi-red) selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam suatu Desa yang dinilai tidak punya keseriusan.

"Padahal Kehadiran Sangadi dalam pembekalan ini sangat penting. Sebab Sangadi selaku KPA untuk mengelola keuangan pada  tingkat Desa. Ini membuktikan ketidakseriusannya dalam mengelola keuangaan Desa. Saya merasa kecewa kegiatan seperti ini tak semua Sangadi mengikuti," terang Amin, siang tadi.

Lanjut Dia menjelaskan bahwa, dalam pengelolaan keuangan Desa di Tahun ini, laporan pertanggungjawabannya perlu keseriusan dalam  penyusunannya. Sebab, format yang dikeluarkan seringkali menglami perubahan.

"Jadi, format yang ada, itu bersifat dinamis. sering ada perubahan dan tidak tetap. berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya," terangnya.

Amin menegaskan, untuk pemasukan laporan seperti Rencana Kegiatan Prioritas (RKP) Desa, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa, Pemda Boltim memberikan waktu sampai pada 31 Maret mendatang, "nantinya, laporan - laporan itu akan direvisi kembali oleh dinas terkait untuk selanjutnya ditetapkan," tegasnya.

Dirinya juga berharap agar, dalam pengelolaan keuangan desa ini, KPA dan pengawal Anggaran dalam hal ini Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat bekerja sama dengan baik.

"Selain keseriusan, sinergitas antara Sangadi dan BPD sangatlah penting dalam mengelola dan mengawal pengelolaan keuangan di Desa," imbau Amin.

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Asissten I Bidang Pemerintahan, Sekretariat daerah (Setda) Boltim, Amin Musa didampingi oleh Kepala BPMD, Arsyad Mamonto, Kepala Bappeda, Mat Sunardi, serta Camat Tutuyan, Nurtini Modeong ini, dihadiri sejumlah Kepala Desa, Sekretaris Desa (Sekdes), dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta para operator desa se-kecamatan Tutuyan. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Kamis, 17 Maret 2016

0 komentar for "Sosialisasi Pembekalan Pengelolaan Keuangan Desa Tingkat Kecamatan Digelar Pemda"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional