Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sejumlah SKPD Diminta Segera Memasukan Usulan Dana DAK 2017, Hingga 24 Maret

James Kinontoa
Kepala Litbang, Bappeda Boltim, James Kinontoa.

Boltim, detiKawanua.com - Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), diminta untuk segera memasukan data permohonan guna mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Boltim, Mat Sunardi melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan (Litbang) James Kinontoa mengatakan, terdapat 19 satuan kerja yang diminta untuk segera memasukan data permohonan DAK tersebut.

"Mereka bisa memasukkan data secara online ke sistem di Bappenas. hingga hari ini sudah bisa dikatakan 80% yang memasukkan melalui website e-Musrenbang milik Bappenas," ungkapnya.

Katanya, Bapedda Propinsi telah memberikan batas waktu hingga 24 Maret setelah kami konfirmasikan, dan 1 April batasan verifikasi khusus Bappeda Boltim. Saya berharap semua satuan kerja bisa menginput semua usulan program tersebut hingga batas waktu (deadline-red).

"Dikhawatirkan jika tak masuk hingga batas waktu maka tak akan mendapatkan DAK namun, sampai hari ini sudah banyak satuan kerja yang memasukan dalam usulan DAK," ujarnya, saat disambangi diruang kerjanya.

Dia juga mengungkapkan beberapa program yang diusulkan melalui DAK infrastruktur Publik Daerah (IPD) yakni bidang transportasi dari Dinas Perhubungan sebesar Rp 9,8 miliar "Ada pengadaan lampu penerang jalan, rambu lalu lintas, marka jalan, pagar pengaman jalan dan lainnya," beber James.

Sedangkan DAK reguler baru usulan bidang kesehatan dan keluarga berencana sebesar Rp 50,5 miliar.

"Dikesehatan ada pembangunan rumah sakit umum daerah senilai Rp 43 miliar, pengadaan obat dan perbekalan kesehatan Rp 3,6 miliar, Pengadaan alkes senilai Rp 12 miliar, empat unit pusling Rp 1,2 miliar, penambahan ruangan di puksemas tiga puskemas Rp 1,5 miliar," papar Dia, kepada awak media, Selasa (22/03) siang tadi.

Namun, beberapa satuan kerja sudah memasukkan program ke usulan kegiatan yang akan dibiayai langsung melalui APBN. "Untuk usulan program melalui APBN murni sudah mencapai Rp 1,5 triliun. Bahkan masih banyak juga belum mengimput datanya. Ini tak masalah karena baru usulan. Bupati juga menginginkan agar usulan sebanyak-banyaknya agar banyak juga diakomodir," katanya.

Dia mencontohkan program yang diusulkan melalui APBN seperti bidang Ketahanan pangan Rp 250 juta, usulan ke kementerian pendidikan Rp 12,6 miliar, usulan ke kementerian tenaga kerja Rp 660 juta, Kementerian PDT Rp 1,5 miliar, Kementerian perhubungan untuk pembangunan pelabuan di Jiko Rp 22,5 miliar, usulan ke kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan untuk pembangunan infrastruktur danau di hutan kota Tutuyan Rp 5,2 miliar.

"Paling banyak dinas pariwisata yang angkanya mencapai Rp 995,1 miliar. Jumlah-jumlah ini masih akan bertambah karena belum semua memasukkan data termasuk ke-PU-an" terangnya.

Kata Dia, Pemda Boltim akan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten pada 29 Maret mendatang. "Khusus usulan dari Murenbang kecamatan dan satuan kerja mencapai Rp 1 triliun. Angka ini masih akan berkurang karena akan lihat yang mendesak dan sudah dibutuhkan disesuaikan dengan rencana kerja satuan kerja dan kemampuan keuangan daerah," tutur James. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Selasa, 22 Maret 2016 ,

0 komentar for "Sejumlah SKPD Diminta Segera Memasukan Usulan Dana DAK 2017, Hingga 24 Maret"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional