Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sejumlah Kepsek Diganti, Pengamat: Ini Imbas Pilwako Bitung

Kantor Walikota Bitung. /Ist 

Bitung, detiKawanua.com - Pasca diumumkannya Pemenang Pilkada Pilwako Bitung 5 Desember 2015 lalu, sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) di Kota Bitung dikabarkan diganti oleh Pemerinah Kota (Pemkot).

Pergantian tersebut, oleh pemerhati pendidikan Kota Bitung Jerry Lumare, dinilai hanya sepihak atau imbas dari pilwako Bitung. Dirinya menegaskan, mereka diganti karena satu kepentingan politis.

"Pasalnya, aturan menyebutkan pergantian Kepsek harus dipertimbangkan dan harus ada kajian-kajian yang mendalam. Jangan hanya  imbas Pilwako, Kepsek tersebut diganti dari jabatanya," tegas Lumare, Kamis (03/03).

Menurutnya, kebijakan dari pemerintah dalam hal ini istansi terkait wajib mengseleksi apakah bisa menjadi Kepsek atau tidak.

"Contohnya saja baru-baru ini ada oknum kepala sekolah yang nyaris baku hantam di ruangan rapat. Apakah oknum tersebut berjiwa pimpinan dan pantas memimpin satu sekolah," sindir Lumare.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung Ferdinand Tangkudung menyebut, pergantian ini memang sudah sesuai aturan yang berlaku.

"Ada tujuh poin dalam pakta integritas itu. Di antaranya, Kepsek mampu meniadakan pungutan kepada siswa, guru ataupun penjaga sekolah, tidak mewajibkan siswa untuk membuat dan membeli baju dari sekolah, bila terbukti melakukan kesalahan, maka harus siap diberikan sanksi moral dan administrasi, sesuai dengan Undang-undang yang berlaku," kata Tangkudung.

(*/Al)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 04 Maret 2016 ,

0 komentar for "Sejumlah Kepsek Diganti, Pengamat: Ini Imbas Pilwako Bitung"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional